iklan zonasultra

Disdukcapil Kendari Segera Terapkan Tanda Tangan Digital

Kepala Disdukcapil Kendari H Halili
H Halili

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Guna mempermudah proses pengurusan dokumen kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kendari mulai 1 Mei 2019 akan memberlakukan tanda tangan digital.

Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Halili mengatakan, tanda tangan digital ini merupakan bagian dari inovasi yang pihaknya lakukan untuk memberikan layanan maksimal ke masyarakat. Tanda tangan secara digital dinilai akan lebih mempermudah berbagai pengurusan dokumen.

Tanda tangan digital oleh kadis dukcapil akan berlaku pada akta kelahiran dan kartu keluarga. Dengan begitu walaupun kadis dukcapil tidak berada di kantor, pengurusan dokumen kependudukan tetap berjalan lancar.

iklan zonasultra

(Baca Juga : Disdukcapil Kendari Segera Tuntaskan Daftar Tunggu e-KTP)

Program tanda tangan digital ini ditetapkan secara nasional pada saat rapat kordinasi nasional seluruh kepala disdukcapil se-Indonesia di Makassar. “Jadi kami seluruh kepala Dukcapil membuat spesimen tanda tangan. Dimana kami diberikan waktu sampai Juni sudah menerapkan tanda tangan digital ini,” jelasnya, di ruang kerjanya, Kamis (25/4/2019).

Diakuinya, selama ini kendalanya kalau ada acara, rapat, atau sedang keluar daerah maka pengurusan dikumen kependudukan tertunda. Dengan adanya sistem tanda tangan digital ini bisa lebih cepat pengurusannya.

“Kami telah melaporkan hal ini ke Walikota Kendari dan rencananya peluncuran program ini akan dilakukan saat perayaan ulang tahun Kota Kendari,” terangnya. (B)

 


Kontributor : M Rasman Saputra
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib