iklan zonasultra

iklan zonasultra

Dishub Kendari Perkirakan Peningkatan Arus Mudik Dimulai H-3

Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Darat Agus Sutarto
Agus Sutarto

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari memperkirakan peningkatan arus mudik melalui terminal baruga dan terminal Puwatu akan terhadi tiga hari menjelang (H-3) hari raya idul fitri.

Kepala Bidang Darat Dishub Kota Kendari Agus Sutarto mengatakan, untuk dua terminal di Kota Kendari yakni terminal Puwatu dan Terminal Baruga kalaupun nantinya terjadi lonjakan penumpang diperkirakan baru terjadi H-3 idul fitri.

Itu pun ungkapnya, lonjakannya tidak akan signifikan. Bahkan dirinya memperkirakan kalaupun terjadi lonjakan hanya berada pada kisaran 5 sampai dengan 10 persen jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

“Lonjakan penumpang dua tahun terakhir ini tidak terlalu signifikan jumlahnya di terminal puwatu dan terminal baruga. Hal ini banyak disebabkan masyarakat sudah memilih mudik dengan menggunakan sepeda motor ataupun merental mobil,”jelasnya, di ruang kerjanya, Rabu (6/6/2018).

Terlebih lagi masyarakat Kota Kendari yang hendak mudik ke wilayah Konawe Utara tuturnya, tentunya akan lebih memilih menggunakan sepeda motor ketimbang naik mobil angkutan umum akibat kondisi jalan yang sedang rusak parah diwilayah tersebut.

Namun begitu tukasnya, pihaknya akan tetap melakukan pengawasan terhadap proses mudik di terminal baruga dan terminal puwatu. Sebab pihaknya tidak menginginkan akibat adanya praktek percaloan mengakbatkan mudik masyarakat kota Kendari menjadi terganggu.

“Selain itu kami juga akan membentuk posko-posko pemantauan mudik dibeberapa titik yang kami nilai rawan. Selain itu untuk pengawasan terminal siluman juga akan semakin kami perketat,”tuturnya. (B)

 


Reporter : M Rasman Saputra
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib