Disnakertrans Mubar Kembali Bangun 25 Unit Rumah Transmigrasi

Kepala Disnakertrans Mubar Pakrun
Pakrun

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun ini kembali membangunan 25 unit rumah transmigrasi di Desa Momuntu, Kecamatan Tiworo Tengah.

Kepala Disnakertrans Mubar Pakrun mengatakan, tahun 2018 pihaknya sudah membangun 25 unit rumah transmigrasi yang berpola nelayan. Tahun ini program tersebut kembali dilanjutkan dengan membangun 25 unit lagi. Hanya saja tahun ini berbeda dengan tahun lalu.

“Bedanya itu dari 25 KK itu terbagi dua, 15 KK transmigrasi penduduk setempat (TPS) yang sudah memiliki lahan dan 10 KK transmigrasi penduduk asal (TPA). Kalau untuk tahun ini, dari 25 KK yang mengisi rumah transmigrasi ini semua transmigrasi penduduk setempat (TPS),” kata Pakrun di kantor Bupati Mubar, Rabu (20/3/2019).

Kata Pakrun, pembangunan 25 unit rumah transmigrasi ini bersumber dari dana APBN 2019 dengan total anggaran sebanyak Rp6 miliar. Rencananya pembangunan rumah tersebut awal April dan mulai ditempati pemiliknya pada September 2019 mendatang.

“Untuk pekarangan rumah mereka kita siapkan 0,06 hektar, dan lahan usaha satu disiapkan 0,5 hektar. Kemudian, dengan ukuran rumah 6×6 sudah tersedia tenaga surya dan sumur di setiap rumah,” jelasnya.

Dirinya berharap setelah menempati rumah ini, kehiduan 25 KK tersebut bisa lebih sejahtera. Tentunya mereka bisa betah dan bisa menjalankan usaha. (b)

 


Kontributor: Kasman
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib