Tampilan Desktop



Disubsidi Pemda, Penerbangan Garuda Wakatobi-Bali Segera Beroperasi April 2017
358 Dibaca

Disubsidi Pemda, Penerbangan Garuda Wakatobi-Bali Segera Beroperasi April 2017

KUNJUNGAN – Rombongan Kementrian Perhubungan Bersama Bupati Wakatobi Melakukan Kunjungan disejumlah Pelabuhan Perhubungan Laut. (Nova Ely Surya/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Penerbangan rute Wakatobi-Bali dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia dipastikan akan mulai beroperasi pada April 2017 mendatang. Pemerintah Wakatobi bersedia untuk mensubsidi penerbangan ini.

Kesepakatan itu direalisasikan pihak Pemda Wakatobi bersama Dirut Komersial Garuda Indonesia saat kunjungan kerja Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ke Wakatobi, Sabtu (18/2/2017).

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan RI Bersama Bupati Wakatobi

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi Bersama Bupati Wakatobi, Arhawi.

Selain rute Wakatobi-Bali, Menhub juga berkeinginan untuk segera membuka penerbangan Wakatobi-Toraja. Sebab, jika tiga wilayah ini dapat disatukan melalui penerbangan Garuda maka akan mampu menggenjot kunjungan pariwisata ke tiga daerah tersebut.

“Nantinya akan terjadi penerbangan yang sangat menarik dari Bali yang culture menuju Wakatobi yang memiliki keindahan alam dan ke Toraja dengan daya magisnya,” ucap Menteri.

Sementara itu, Bupati Wakatobi Arhawi mengungkapkan bahwa komunikasi kerja sama dengan pihak Garuda Indonesia sebenarnya telah terbangun sejak masa kepemimpinannya bersama Hugua. Komunikasi itu terus terjalin sampai saat ini dengan adanya persetujuan subsidi.

“Meski kita sempat mendapat kendala, namun dengan hadirnya pak Menteri hari ini di Wakatobi dapat menambah semangat kita di daerah untuk menyambut itu,” ujar Arhawi.

Namun ketika ditanya soal budget subsidi yang akan dikeluarkan Pemda Wakatobi, Arhawi mengungkapkan pihaknya belum bisa memastikan sebelum ada hasil negosiasi dengan pihak Garuda.

“Saya belum bisa memastikan sebelum ada negosiasi tapi sudah pasti bahwa kerja sama ini akan segera terlaksana,” ucapnya.

Baca Juga : Menhub Beri Signal Akan Ada Rute Penerbangan Baru di Wakatobi

Untuk diketahui, Menhub Budi mendarat di Bandara Matahora, Wakatobi menggunakan Pesawat Hawker 900 XP PK-CAR sekitar pukul 12.40 Wita bersama sejumlah rombongan diantaranya Dirjen Perhubungan Laut, Sesdirjen Perhubungan Darat, Plt. Kepala Biro KIP dan Dirut ASDP dan juga Hugua mantan Bupati Wakatobi dua periode.

Rombongan Kemenhub melakukan kunjungan ke sejumlah fasilitas perhubungan terutama perhubungan laut yang menyatukan empat pulau besar di Wakatobi diantaranya pelabuhan Liya yang menjadi tempat bersandarnya kapal rute Wakatobi 2, kemudian Pelabuhan Pangulubelo Mandati merupakan persinggahan Tol Laut, dan terakhir pelabuhan Fery yang menghubungkan Wakatobi dengan Buton. (B)

 

Reporter : Nova Ely Surya
Editor : Jumriati

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com