iklan zonasultra

DKP Konut Target Pengembangan Budidaya Bandeng dan Udang di Desa Lapulu

DKP Konut Target Pengembangan Budidaya Bandeng dan Udang di Desa Lapulu
PENINJAUAN LOKASI - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Konut Deddy Riyanto Hamid bersama jajarannya saat meninjau lokasi perencanaan pembukaan tambak di Desa Lapulu, Kecamatan Lembo. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Konawe Utara (Konut) menargetkan pengembangan budidaya ikan bandeng dan udang di Desa Lapulu, Kecamatan Lembo. Tim DKP telah meninjau lokasi perencanaan pembukaan lahan tambak di tempat itu.

Kepala DKP Konut Deddy Riyanto Hamid melalui Kabid Budidaya DKP Darwis menuturkan, setelah melakukan pendeteksian, Desa Lapulu memiliki potensial lahan yang baik dan strategis untuk budidaya bibit ikan bandeng dan udang.

“Desa Lapulu ini sangat potensial sekali. Perencanaannya sekitar 25 sampai 40 hektar akan kita buka lahan tambak di sini (Desa Lapulu),” kata Darwis dikonfirmasi, Kamis (27/9/2018)

Mantan Lurah Molawe ini menambahkan, untuk percetakan lahan tambak, DKP akan bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Konut, mengingat DKP sendiri belum memiliki anggaran untuk kegiatan tersebut.

“Untuk percetakan kita belum punya anggaran, olehnya itu kami bekerja sama dengan Dinas PU. Secara teknis dan saprodinya kami yang siapkan. Dengan besaran lahan seperti itu, kami menyiapkan bantuan bibit sekitar 2.800 ekor, penyalurannya gratis,” ungkap Darwis.

Dia menambahkan, pembukaan lahan tambak di Konut telah dilakukan di 13 kecamatan dengan jumlah ratusan hektar. Lahannya sendiri disiapkan langsung oleh masyarakat, ada yang individu dan berkelompok. Pihak DKP tinggal menindaklanjuti untuk ekspansi dan bantuan bibitnya.

Pemanfaatan lahan masyarakat nelayan, fasilitas bantuan mulai dari alat tangkap, armada, tempat penampungan bibit sampai dengan jaminan asuransi jiwa, menjadi progres utama DKP Konut untuk memberikan peningkatan kesejahteraan hidup yang lebih baik. (B)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib