iklan zonasultra

DKP Mubar Beri Bantuan Mesin Ice Flake pada Masyarakat Desa Tanjung Pinang

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mubar, La Djono
La Djono

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan bantuan mesin ice flake atau pencetak es kepada masyarakat di Desa Tanjung Pinang, Kecamatan Napano Kusambi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mubar, La Djono mengatakan, nelayan di desa itu kini tak perlu risau lagi saat melaut karena sudah ada mesin pencetak es.

“Alhamdulillah, kita (DKP) sudah menyalurkan bantuan mesin ice flake. Kita berharap hasil tangkapan nelayan Desa Tanjung Pinang dapat awet sebab mesin ini jangka waktu pencairan es bisa sampai lima hari,” kata La Djono usai acara peringatan HKN ke-55 di Desa Suka Damai, Sabtu (14/12/2019).

iklan zonasultra

Loading...

La Djono menjelaskan, bantuan mesin pencetak es itu bersumber dari alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sekitar Rp627 juta. Mesin ini diyakini mampu menyediakan stok sesuai kebutuhan nelayan.

“Jadi dalam waktu satu jam mesin ini dapat memproduksi es sampai 1,5 ton. Tinggal masyarakat menyiapkan saja bahan bakunya seperti air,” ungkapnya.

Dia menambahkan, mesin pencetak es ini dihibahkan langsung ke masyarakat dan dikelola melalu koperasi di desa tersebut.

Dirinya berharap dengan adanya bantuan mesin es ini, masyarakat sekitar dapat diberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan nelayan di daerah itu.

“Hadirnya mesin ice flake ini dapat memudahkan nelayan mendapatkan es batu saat melaut maupun di darat untuk menyimpan ikan. Kita mengimbau kepada koperasi tersebut untuk mengelola mesin dengan baik dan bertanggung jawab. Sehingga manfaatnya dirasakan masyarakat juga,” harapnya. (b)

 


Kontributor: Kasman
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib