iklan zonasultra

iklan zonasultra

Dosen UMK Dilatih Tingkatkan Kualias Penelitian

92
UMK Kendari Siapkan 1.500 Kursi Untuk Calon Maba
Universitas Muhammadiyah Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pelatihan peningkatan kualitas dosen di bidang penelitian. Pelatihan itu akan diajar tentang pembuatan akun google scholar.

Ketua Pusat Penelitian LPPM UMK Sitti Zakia menuturkan, pelatian ini merupakan kelanjutan dari program yang telah dilakukan oleh Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) serta menjadi persyaratan bagi dosen yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN).

“Bahwa dosen yang telah memiliki NIDN baik negeri maupun swasta, harus mempunyai akun di Sintak yakni salah satu pengindeks di Indonesia yang diakui oleh Dikti,” katanya, Rabu (10/5/2018) kemarin.

Sehingga, setiap dosen wajib untuk masuk di Sintak. Pada pelatihan kali ini, dosen lingkup UMK akan dipandu oleh verifikator Sintak. Karena UMK sendiri telah memiliki dosen yakni Rais yang juga telah mengikuti pelatihan di Makassar.

“Kegiatan pelatihan sendiri dilaksanakan selama dua hari, sehingga bagi dosen yang belum sempat mengikuti pelatihan pada hari pertama bisa dilakukan di hari kedua, yakni pada hari ini,” tuturnya.

Tujuan pelatihan ini, terangnya, sangat penting bagi dosen terutama yang memiliki NIDN. Karena salah satu syarat untuk pengusulan kenaikan pangkat atau jurnal harus disitasi di Sintak. Termasuk, untuk peningkatan kualitas dosen.

“Bagi dosen yang telah memiliki akun di Sintak bisa mengakses hibah penelitian dari Dikti, juga dalam rangka publikasi, serta menyebarluaskan publikasi dosen kehalayak ramai bisa melalui Sintak,” katanya. (B)

 


Reporter : Sri Rahayu
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib