iklan zonasultra

DPMD Konut Minta Masyarakat Ikut Awasi Penggunaan Dana Desa

Kepala Bidang Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) DPMD Konut, Indra Thalib
Indra Thalib

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) mengimbau masyarakat di wilayah itu agar turut serta dalam pengawasan penggunaan dana desa.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) DPMD Konut, Indra Thalib, mengatakan, peran masyarakat memiliki nilai tambah bagi pemerintah dalam mengawasi penggunaan dana desa oleh para kepala desa agar berjalan baik dan tepat sasaran.

Terlebih anggaran dana desa untuk Konut naik dari Rp110 miliar tahun lalu menjadi Rp124 miliar tahun ini.

iklan zonasultra

“Bertambahnya dana desa ini kita harapkan manfaat yang diperoleh masyarakat dan pembangunan di desa juga harus lebih baik lagi. Oleh karena itu peran masyarakan juga kita butuhkan,” kata mantan Kepala Seksi Dinas Pendidikan Konut ini di ruang kerjanya, Rabu (6/2/2019).

Dijelaskan, kehadiran mitra pemerintah seperti masyarakat, LSM dan media membantu melakukan evaluasi penggunaan dana desa. Meski begitu, pihaknya juga tetap akan meninjau kembali laporan yang diterima apakah betul-betul murni atau ada kepentingan.

“Kami di DPMD sudah ada tim yang siap menerima laporan resmi dari masyarakat, selanjutnya kita akan tindak lanjuti sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Indra pun berharap para kepala desa bekerja dengan baik dan profesional merujuk pada aturan yang berlaku. Juga memberikan hak-hak para aparatnya, saling berkordinasi kepada piha-pihak terkait seperti pemerintah kecamatan, kabupaten. Dan yang terpenting, keputusan yang dihasilkan dalam rapat musyawarah desa bersama masyarakat itu yang dilakukan. (b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib