iklan zonasultra

DPP HPI Imbau Pemda Buton Konsen Kembangkan SDM Pariwisata

DPP HPI Imbau Pemda Buton Konsen Kembangkan SDM Pariwisata
FOTO BERSAMA - Ketua DPP Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) bersama Sekretaris Dinas Pariwisata Buton Rusdi Nudi dan staf Dinas Pariwisata di kantor Dinas Pariwisata Buton, Kamis (26/7/2018). (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sangtu Subaya mengaku, kagum dengan pembangunan pariwisata di kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal itu cukup beralasan karena Buton lebih konsen dalam pengembangan infrastruktur destinasi dan atraksi Budaya. Hal itu dikatakan Subaya saat berkunjung di Buton pada Kamis (26/7/2018).

Kepala Dinas (kadis) Pariwisata Buton, Zainuddin Napa melalui Sekretaris Pariwisata Rusdi Nudi mengatakan, DPP HPI melakukan pengemban tugas dari Kementerian Pariwisata untuk melakukan pemetaan pengembangan kapasitas kelembagaan dan SDM.

“Oleh karena itu sudah saatnya Buton konsen pengembangan SDM pariwisata untuk mengimbangi pembangunan destinasi dan atraksi budaya yang sudah berjalan beberapa tahun terakhir,”kata Rusdi Nudi, meniru ucapan Ketua DPP HPI.

iklan zonasultra

Dari itu semua SDM usaha jasa pariwisata perlu di tingkatkan kompetensinya khususnya di bidang pelayanan prima terhadap wisatawan seperti memperbanyak bintek, pelatihan dan lain-lain. Hasilnya nanti akan menjadi rekomendasi untuk program pengembangan kelembagaan dan SDM Kementerian Pariwisata RI. “Karena potensi wisata di Buton adalah komplit dan mix antara atraksi Budaya, alam, bahari, dan minat khusus,”jelasnya.

“Selama di Sultra (Sangtu Putu) akan mengunjungi 3 wilayah yaitu Buton, Wakatobi dan Kolaka yang telah memiliki kepengurusan DPC HPI yang aktif,” ungkap Rusdi ditemui di ruang kerjanya, Jumat (27/7/2018).

Lanjutnya, dari hasil amatan DPP HPI yang dibutuhkan sekarang di Buton adalah kesiapan SDM untuk mengemas paket wisata dengan layanan terstandar oleh Sumber Daya Manusia (SDM) usaha jasa pariwisata.

Ini menjadi peluang yang baik karena trend program Kementerian Pariwisata RI pada tahun 2019 adalah pengembangan kelembagaan dan SDM Pariwisata, dimana selama ini hanya Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik, namun tahun 2019 dapat mengajukan DAK untuk pengembangan SDM.

Ketua DPP HPI mendukung dan memberikan rekomendasi kepada Kementerian Pariwisata RI tentang potensi Buton, dan perlunya saat ini diberikan dukungan untuk program pengembangan kelembagaan dan SDM melalui DAK kegiatan bintek dan pelatihan pada tahun 2019. “Beliau janji akan menindaklanjuti,”tegas Rusdi. (B)

 


Reporter : Nanang
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib