iklan zonasultra

DPRD Buteng Apresiasi Keberhasilan Pemkab Kembali Raih WTP

Ketua DPRD Buteng Adam
Adam

ZONASULTRA.COM, LABUNGKARI– Keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sultra, atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2018, mendapat apresiasi
dari Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) setempat.

Ketua DPRD Buteng Adam mengatakan, prestasi di bidang pengelolaan keuangan yang diperoleh pasangan Samahuddin – Lantau sebagai bupati dan wakil bupati di wilayah itu sudah menunjukan suatu keberhasilan yang sangat baik untuk daerah dan semua masyarakatnya.

Politikus PAN ini mengungkapkan, penghargaan ini akan menjadi pekerjaan yang berat untuk kedepan, untuk mempertahankan itu. Sebab WTP diberikan bagi kabupaten/kota yang melaporkan keuangannya secara jelas, rinci, dan detail kepada BPK.

iklan zonasultra

“Sebagai ketua dan panitia anggaran di DPRD Buteng, saya mengapresiasi keberhasilan ini. Ini juga tak lepas dari peran para SKPD, terutama Kepala BPKAD Buteng, ibu Muliati dan Kepala Inspektorat, pak Sukamang. Melalui keuletan dan kedisplinan mereka membantu pemerintah, sehingga tata kelola keuangan dan aset daerah dapat berjalan dengan baik, dan kembali meraih WTP untuk yang kedua kalinya,” kata Adam saat ditemui di Kantor DPRD Buteng, Senin (27/5/2019).

Ia juga berharap, perolehan penghargaan itu terus dipertahankan oleh Pemkab, dengan cara terus meningkatkan kinerja masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

(Baca Juga : Buteng Kembali Raih WTP dari BPK)

“DPRD akan terus berupaya mempermantap fungsi pengawasan dan sinergitas dengan eksekutif. Sehingga ke depan harus terus meraih WTP dan sistem pengelolaan keuangan daerah semakin hari semakin baik,” ujar Adam.

Sebelumnya, Pemkab Buteng kembali meraih opini WTP dari BPK Perwakilan Sultra atas LKPD tahun anggaran 2018. Predikat itu diberikan karena daerah itu dianggap mampu melakukan pengelolaan administrasi penggunaan anggaran daerah. Sebelumnya, Pemkab Buteng juga telah meraih WTP pada LKPD tahun anggaran 2017.

Penghargaan tersebut, langsung diberikan oleh Kepala BPK Perwakilan Sultra Hermanto, bertempat di Kantor Perwakilan BPK Sultra, Jumat (4/5/2019). Turut hadir Plh Sekretaris Daerah Buteng Maiynu, Wakil Ketua DPRD Dani B. Sc, dan jajaran SKPD Buteng.(B)

 


Editor. : Rustam
Penulis : M-4

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib