iklan zonasultra

DPRD Kolaka Minta Puskesmas Pomalaa Jadi Percontohan

Ketua Komisi III DPRD Kolaka Hasbi Mustafa
Hasbi Mustafa

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka meminta agar Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terus meningkatkan kualitas pelayanan sesuai standar pelayanan dan fasilitas kesehatan. Satu-satunya Puskesmas yang dapat menjadi percontohan di Kolaka adalah Puskesmas Pomalaa.

Ketua Komisi III DPRD Kolaka Hasbi Mustafa mengatakan puskesmas perlu melakukan peningkatan layanan dengan menyediakan fasilitas kesehatan seperti dokter, tenaga ahli medis, peralatan kesehatan, dan ruang perawatan.

Hal itu guna mengikuti jejak Puskesmas Pomalaa yang berhasil memperoleh akreditasi paripurna pertama di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) pada akhir 2018 lalu. Kata Hasbi, puskesmas tersebut, sudah memenuhi standar dari Kementerian Kesehatan RI terkait ketersediaan tenaga medis dan peralatan serta pelayanan.

“Puskesmas lainnya juga harus menyiapkan tenaga medis dan dokter ahli yang stand by di puskesmas,” ujarnya ditemui di ruang kerjanya, Kamis (21/3/2019).

Peningkatan pemenuhan pelayanan kesehatan di seluruh puskesmas di Kabupaten Kolaka dinilai penting. Sebab kata dia, bila ada warga yang sakit bisa ditangani dan diberikan pertolongan lebih dulu di tingkat puskesmas.

Menurut, Ketua DPC Hanura Kabupaten Kolaka ini, anggaran untuk kesehatan pun sangat besar. Semua usulan program Dinas Kesehatan tidak ada yang ditolak oleh DPRD Kolaka. Untuk itu, pihaknya menginginkan anggaran tersebut digunakan terutama untuk memberikan layanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka, Harun Masirri mengatakan pihaknya mengupayakan semua puskesmas bisa terakreditasi, agar bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selain itu, pihaknya mendorong masyarakat untuk dapat memanfaatkan layanan dan fasilitas kesehatan.

Saat ini di Kabupaten Kolaka terdapat 14 puskesmas. Dari jumlah itu, terdapat 9 puskesmas sudah terakreditasi dan 5 puskesmas belum akreditasi. Yang terakreditasi yakni 1 akreditasi dasar, 7 terakreditasi madya, dan 1 akreditasi paripurna yakni Puskesmas Pomalaa. (B)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib