iklan zonasultra

DPRD Sultra Tinjau Jalan Kendari – Toronipa, Ali Mazi Pamer Konstruksi Beton

DPRD Sultra Tinjau Jalan Kendari - Toronipa, Ali Mazi Pamer Konstruksi Beton
TINJAU - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meninjau langsung progres pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa, Kamis (16/1/2020). Dalam kunjungannya ini, Komisi III didampingi secara langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi. (Randi Ardiansyah/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meninjau langsung progres pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa, Kamis (16/1/2020). Dalam kunjungannya ini, Komisi III didampingi secara langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi.

“Kita ingin melihat langsung karya nyata dari seorang pemimpin daerah. Alhamdulillah hari ini kita sudah saksikan langsung, dan secara fisik ini adalah karya yang sangat luar biasa. Apalagi jalan ini dikerjakan lebih cepat dari target awal,” ungkap Ketua Komisi III DPRD Sultra, Suwandi Andi.

Suwandi pun mengaku pihaknya akan terus mendukung penyelesaian program pembangunan jalan wisata tersebut. Terlebih pembangunan jalan itu bertujuan untuk kemajuan pariwisata Sultra menuju kancah internasional.

iklan zonasultra

Baca Juga : Pemprov Sultra Gelar Sayembara Desain Kawasan Wisata Terpadu Toronipa

Di tempat yang sama, Gubernur Sultra Ali Mazi mengungkapkan, pembangunan tersebut tidak hanya akan berhenti pada pembangunan jalan wisata. Tetapi juga akan melakukan terobosan dengan membangun kawasan wisata terpadu di Pantai Toronipa.

Salah satu yang dilakukan dalam waktu dekat ini adalah sayembara untuk master plan di kawasan pariwisata terpadu Toronipa. Juga badan pengelola pariwisata karena pihaknya ingin Toronipa menjadi destinasi pariwisata internasional,” katanya.

Ia mengaku ingin membuat satu terobosan dalam memajukan pariwisata di Sultra. Di mana kawasan pariwisata terpadu Toronipa akan didesain menjadi kawasan modern dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

“Saya juga telah membuat tim generasi muda di Toronipa sini yang melibatkan masyarakat setempat, untuk mendukung percepatan pembangunan pariwisata. Nanti kita akan bawa mereka ke Bali sekitar 20 orang selama 2 minggu, untuk belajar kebudayaan di sana dan belajar mengembangkan pariwisata,” bebernya.

Konstruksi Beton

DPRD Sultra Tinjau Jalan Kendari - Toronipa, Ali Mazi Pamer Konstruksi Beton

Sementara Projek Manager PT Pembangunan Perumahan, Ery Supratomo menjelaskan, untuk tahap satu pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa telah dibangun sepanjang 3,4 kilometer. Dengan lebar jalan 27 meter yang dibagi menjadi empat lajur.

“Jadi lajur utama itu dibagi jadi masing-masing 8 meter, lalu di sisi jalan ada untuk lajur pengendara sepeda motor selebar 2 meter. Dan juga ada untuk lajur pejalan kaki dan taman selebar 2,50 meter,” ungkapnya.

Baca Juga : Pemprov Sultra Klaim Perbaikan Jalan Kendari Toronipa Tingkatkan Kunjungan Wisata

Untuk konstruksi jalan sendiri, kata Ery, menggunakan konstruksi beton. Katanya, konstruksi ini merupakan kali pertama digunakan dalam pembangunan jalan di Sulawesi.

“Ini kali pertama digunakan di Sulawesi, baru di Sultra. Konstruksinya sama dengan yang digunakan untuk pembangunan jalan tol di Pulau Jawa. Kenapa pake beton, karena ketahanannya itu lebih lama dari aspal. Kalau aspal 10 tahun itu sudah harus diperbaiki lagi, tapi kalau beton bisa sampai 50 tahun bahkan 100 tahun,” tutupnya. (a)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Jumriati

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib