iklan zonasultra

Dua Puskemas di Mubar Siap Diakreditasi

La Ode Mahajaya
La Ode Mahajaya

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Muna Barat (Mubar), Sulaweasi Tenggara (Sultra) Laode Mahajaya memastikan, dua unit Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesma) di daerah itu sudah siap untuk menjalani penilaian akreditasi.

Dia menyebut, Puskesmas Tiworo Tengah di Kecamatan Tiworo Tengah dan Puskesmas Wuna di Kecamatan Barangka telah siap mengikuti penilaian akreditasi dari tim komisi Akreditasi.

La Ode Mahajaya
La Ode Mahajaya

“Persiapan penilaian di Puskesmas Wuna mencapai 75 persen sedangkan di Tiworo Tengah sudah 80 persen. Insya Allah kami siap untuk dinilai tim akreditasi. Persipan kita sudah lumayan, mulai dari penataan gedung, kelengkapan dokumen dan sebagainya,” kata Laode Mahajaya saat melakukan monitoring persiapan Akreditasi di puskesmas Wuna, kecamatan Barangka Jumat (24/11/2017).

Mahajaya juga mengakui bahwa dalam menghadapi proses akreditasi tersebut masih banyak kekurangan namun pihaknya tetap optimis dan berusaha untuk memperbaikinya.

“Yang kurang itu alat-alat kesehatan dan jenis kesehatan,seperti dokter gigi dan apoteker. Kalau yang lain sudah ada. Sebenarnya alat kesehatan itu sudah ada, tapi masih dibawah standar. Padahal dalam aturan Permenkes 75 menyatakan bahwa semua alat kesehatan itu harus memenuhi standar,” tambahnya.

Meskipun demikian, pihaknya tetap melakukan proses akreditasi untuk mengetahui sejauh mana kekurangan yang mereka miliki. Kata dia, jika tak dilakukan penilaiaan, kemungkinan besar, pihak Puskemsas juga tidak akan mengadakan alat kesehatan yang memenuhi standar, karena menunggu pengadaan dari Dinas Kesehatan Mubar.

Dia menambahkan, selain peralatan medis dan tenaga kesehatan, syarat Puskesmas yang akan diakreditasi juga mencakup kelengkapan dokumen sesuai dengan Standar Operasioanl Prosuder (SOP) pelayanan.

Untuk di ketahui, penilaian akreditasi dua Puskesmas di Muna Barat dijadwalkan akan mulai dilakukan pada tanggal 26 November nanti. (C)

 

Reporter : Laode Pialo
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib