iklan zonasultra

Dukung Pemekaran Kepton, Wabup Buton Andalkan Aspal

Dukung Pemekaran Kepton, Wabup Buton Andalkan Aspal
RDP - Wakil Bupati Buton, Iis Elianti Samiun hadir dan menyampaikan dukungannya dalam rapat dengar pendapat umum pemekaran Kepton di Komisi II DPR RI di Senayan, Jakarta Selatan, Senin (16/12/2019). (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Buton mendukung penuh rencana pemekaran Provinsi Kepulauan Buton (Kepton). Wakil Bupati Buton, Iis Elianti Samiun hadir dan menyampaikan dukungannya dalam rapat dengar pendapat umum pemekaran Kepton di Komisi II DPRI RI.

“Pemerintah Kabupaten Buton sudah siap mendukung Provinsi Kepton. Daerah-daerah kabupaten cakupannya juga sudah siap semua,” kata Iis saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (16/12/2019).

(Baca Juga : RDP Pemekaran Kepton, Ketua Komisi II Dihadiahi Kampurui)

iklan zonasultra

Bahkan Iis mengandalkan sumber daya aspal yang ada di Buton sebagai modal pembangunan Kepton. Seperti diketahui aspal Buton mempunyai kualitas yang unggul.

“Kita punya cadangan aspal sekitar 80 persen dari aspal dunia, itu bisa untuk membiayai devisa kita (Kepton),” kata istri Umar Samiun ini.

Iis menuturkan rekaan geologi cadangan aspal tersebut berkisar kurang lebih 5 miliar ton. Namun Iis menyayangkan pemerintah pusat yang justru mengimpor aspal dari negara lain.

(Baca Juga : Masuk Komite I DPD RI, Dewa Putu Akan Dorong Pemekaran Kepton)

“Alhamdulillah aspal Buton sudah mulai dilirik oleh pemerintah,” kata Iis.

Pihaknya optimis dalam waktu dekat pemerintah pusat akan menetapkan kebijakan nasional tentang pemakaian aspal Buton secara nasional yang dinamakan Butonas, sekaligus menghentikan impor aspal dari luar negeri.

Dengan kekayaan aspal Buton bisa membiayai rencana berdirinya Provinsi Kepton serta memberikan sumbangan terbesar sebagai sumber pendapatan negara. (b)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib