iklan zonasultra

Efektifkan Penanganan Covid-19, Pasien Positif di Buteng Bakal Dirawat di RSUD

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Kian Hari Makin Meningkat
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, LABUNGKARI – Para pasien Covid-19 di Kabupaten Buton Tengah (Bureng), Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tengah dirawat di tempat karantina di kecamatan masing-masing bakal dipindahkan di RSUD setempat. Di Buteng sendiri terdapat 24 pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Buteng Kasman mengatakan, kebijakan itu dilakukan guna mengefektifkan pelayanan kesehatan pada pasien Covid-19. Pasalnya, tenaga medis di puskesmas minim.

“Kalau terpencar di puskesmas di kecamatan, kan kita memantaunya agak kesulitan. Kalau di rumah sakit kan satu titik. Kemudian di RSUD Buteng ada dokter ahli yang lebih mengerti tentang masalah Covid-19,” terang Kasman saat dihubungi, Jumat (12/6/2020).

Lanjut Kasman, pihaknya telah mempersiapkan bangunan khusus untuk pasien Covid-19 di RSUD Buteng. Setelah direnovasi beberapa hari ini, bangunan tersebut sudah siap ditempati.

“Kemarin kami tinjau, bangunnya itu sudah jadi, tinggal pemasangan lampu penerang ruangan, juga pos jaga untuk personel yang bertugas mengamankan,” tambahnya lagi.

Selain bangunan khusus untuk pasien Covid-19, juga direkrut perawat yang akan bertugas.

Kata Kasman, pasien Covid-19 sudah dapat dirawat inap di RSUD Buteng paling lambat seminggu ke depan.

Diketahui, 24 pasien positif Covid-19 di Buteng menjalani perawatan di ruang isolasi yang ada di kecamatan masing-masing. Dalam artian 24 orang pasien Covid-19 di Buteng mejalani isolasi di tempat terpisah sesuai domisili dan dirawat oleh tenaga medis di tingkat puskesmas.

Data terkini peta sebaran Covid-19 di Buteng terdapat 24 orang terkonfirmasi positif Covid-19, sementara untuk OTG, ODP dan PDP dinyatakan sudah tidak ada alias nol orang. Kabupaten Buteng sendiri merupakan zona merah peta penyebaran Covid-19. (b)

 


Kontributor: Risno Mawandili
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib