iklan zonasultra

Eksibisi Tim Bulu Tangkis di UHO, Azhari: Ini Bisa Jadi Moment Membicarakan Program Kerjasama dengan USN

Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka Azhari
Azhari

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Jajaran akademisi Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) dijadwalkan mengikuti Eksebisi Tim Bulu Tangkis dengan tim Universitas Halu Oleo pada hari Sabtu (24/2/2018) besok.

Rektor USN Azhari menilai, selain sebagai ajang silaturahim antar akademisi, secara informal, moment ini bisa menjadi peluang untuk membahas serangkaian program kerjasama dengan UHO, baik itu dibidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pegawai USN maupun menyangkut impelentasi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi lainnya.

“Misalnya, sebagai Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB), saat ini USN tengah kekurangan SDM khususnya untuk seleksi jabatan Kepala Biro ataupun eselon dua A, termasuk mengambil beberapa dosen UHO yang bisa menjadi dosen tamu di USN,” kata Azhari di ruang kerjanya, Jum’at (23/2/2018).

iklan zonasultra

Azhari juga menjelaskan, kejasama USN dan UHO ini sebenarnya sudah ada sejak USN masih sejak dulu. Dimana saat itu, dengan rekomendasi rektor UHO waktu itu, sehingga Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kolaka yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah naungan YAPPPIKA, bisa berdiri. Dimana STIKIP inilah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya USN hingga menjadi PTNB di Kolaka.

Kemudian, di jaman Azhari sebagai Ketua STIKP Kolaka kembali memperbaharui perjanjian kerjasama itu dengan rektor UHO yang saat itu dijabat oleh Profesor Mahmud Hamundu. Kerjasama itu tekait seleksi calon mahasiswa Pendidikan Guru Sekolaha Dasar (PGSD).

“Yang diberi izin di Sultra waktu itu hanya UHO. Kemudian, salah satu PTS yang diberi kesempatan melaksanakan seleksi itu di Kolaka adalah STIKIP,” terang Azhari.

Lalu pada era Usman Rianse menjabat rektor UHO. Saat itu, saya diundang untuk memberikan orasi ilmiah pada saat acara wisuda mahasiswa UHO.

Menurutnya, program-program kerjasama kedua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah ada sebelumnya itu pada dasarnya tinggal ditingkatkan saja, agar tercipta sinergitas yang baik. Sebab bagaimanapun juga, USN dan UHO berada dalam satu payung, yaitu Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Selain itu, UHO merupakan kampus yang lebih dulu ada di Sultra, ketimbang USN. Sehingga SDM yang ada di UHO jauh lebih banyak ketimbang USN.

“Hal ini yang butuh disinergikan antara UNS dengan UHO yang semala ini memang kita sudah buat MoU nya, tinggal kita tindak lanjuti,” pungkasnya. (*)

 


Penulis : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib