iklan zonasultra

Empat Calon Mahasiswa UHO Positif Tertular Virus Corona

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra, dr La Ode Rabiul Awal
dr La Ode Rabiul Awal

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Empat calon mahasiswa baru (camaba) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dinyatakan positif tertular virus corona atau Covid-19 setelah hasil pemeriksaan swab melalui tes polymerase chain reaction (PCR) keluar dari Rumah Sakit Bahteramas (RSB), Jumat (10/7/2020).

Keempatnya merupakan peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam tahapan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diwajibkan mengikuti rapid test oleh pihak kampus.

Iklan Zonasultra

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra dr. La Ode Rabiul Awal mengatakan, keempat camaba UHO tersebut berasal dari Kabupaten Buton 3 orang dan Kabupaten Buton Selatan 1 orang.

“Keempatnya yakni wanita 19 tahun asal Kabupaten Buton Selatan, selanjutnya, laki-laki 17 dan 19 tahun serta kemarin 1 orang laki-laki 19 tahun. Ketiganya dari Kabupaten Buton,” ujar La Ode Rabiul Awal dalam keterangan resminya, Jumat (10/7/2020).

Menurut La Ode Rabiul Awal, keempatnya mengikuti rapid test massal pada 6 dan 7 Juli 2020 lalu. Mereka merupakan bagian dari 14 orang yang dinyatakan reaktif dari hasil rapid test yang dilakukan sejak 4 sampai 8 Juli 2020.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) UHO La Ode Abdul Hamdan mengatakan, bagi mahasiswa yang hasil rapid tesnya reaktif langsung direkomendasikan ke gugus tugas untuk ditangani lebih lanjut.

“Yang reaktif langsung ke gugus untuk dilakukan swab. Kalau negatif langsung ke panitia LTMPT UHO langsung memperlihatkan berkas. Bagi yang positif tidak bisa mengikuti UTBK. Batal,” jelas Hamdan saat dikonfirmasi melalui WhatsApp.

Tiga kasus yang terkonfirmasi positif hari ini diumumkan bersamaan dengan 7 kasus positif baru. Sehingga, total kasus positif Covid-19 di Sultra sebanyak 507 kasus. (A)

 


Reporter: Fadli Aksar
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib