iklan zonasultra

Empat Hal Penting Ini Mesti Dijaga Selama Berpuasa

Pentingnya Bersyukur, Jangan Lalai Beribadah Jika Masih Bertemu Ramadan
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Setiap umat muslim yang berpuasa, menginginkan keridoan dari Allah SWT. Agar ibadahnya diterima dengan baik di sisi-Nya.

Yahya Obaid saat berceramah di Masjid Pesantren Ummusabri Kendari, Kamis (9/5/2019) malam mengatakan ada 5 hal yang penting dijaga selama melaksanakan ibadah puasa.

Pertama, menjaga puasa. Tidak diperkenankan bagi umat muslim yang sudah memasuki usia baliq untuk meninggalkan ibadah puasa karena itu hukumnya wajib.

Baca Juga : Ini Penyebab Bau Mulut Saat Anda Berpuasa

Kemudian dalam menjalakannya tidak pula diperkenankan untuk membatalkan puasa melainkan karena rukhsah yang artinya adalah keringanan bagi manusia serta atas perintah Allah SWT.

Keringanan yang dimaksud, ketika umat muslimin dalam kondisi sakit dan sedang mendapatkan perawatan medis atau beberapa hal lain bagi kaum muslimah yang sedang haid dan menyusui.

“Siapa yang sengaja membatalkan tanpa adanya alasan rukhsah puasanya niscaya dia tidak akan lunas walaupun dibayar dengan puasa setahun penuh,” ungkap Yahya.

Kedua, menjaga solat lima waktu. Sedapat mungkin bagi kaum muslim dapat melakukan solat berjamaah, ketimbang harus solat sendiri di rumah.

Baca Juga : Pentingnya Bersyukur, Jangan Lalai Beribadah Jika Masih Bertemu Ramadan

Bagi muslimah, kalau pun kesibukan di siang hari bisa melakukan salat berjamaah di tiga waktu Magrib, Isya dan Subuh.

Yahya mengibaratkan perbedaan salat sendiri dan berjamaah seperti memilih dua jenis perlombaan lari 5 km. Lomba yang pertama menjanjikan bagi pemenang akan mendapatkan hadiah Rp10 juta.K Kemudian lomba lari yang kedua menjanjikan bagi siapapun yang ikut mendapatkan hadiah Rp250 juta.

“Kalau akal sehat kita jalan, pasti kita akan memilih yang Rp250 juta, karena tanpa menang pun kita sudah dapat hadiah,” pungkasnya.

Dalam sebuah hadist menyebutkan “Salat jamaah lebih baik 27 derajat dibanding salat sendirian.” (HR. Bukhari, no. 645 dan Muslim, no. 650).

Ketiga, menjaga bacaan ayat suci Alquran. Membaca Alquran dalam bulan puasa merupakan salah satu ladang amal bagi umat Islam guna meraih keridoan Ramadan.

“Jaga Alquran di rumah bukan buat dipajangan dalam lemari terus dikunci, tapi dibaca setiap hari,” pungkasnya.

Keempat, menjaga keridoan orang tua. Mejaga hubungan baik dengan orang tua menjadi salah satu hal yang harus dijaga dalam menjalankan ibadah puasa. Karena, keridoan orang tua adalah rido dari Allah SWT.

Sebisa mungkin, umat muslim dapat mencium tangan kedua orang tua ketika berjumpa atau hendak akan beraktivitas. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib