iklan zonasultra

Empat Mahasiswi dari Wuhan Diserahkan ke Pemda

Empat Mahasiswi dari Wuhan Diserahkan ke Pemda
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyatakan seluruh WNI dari Natuna telah diserahkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) setempat di Halim PK Jakarta, Sabtu sore (15/2/2020). (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Empat orang mahasiswi asal Sulawesi Tenggara (Sultra) yang menjalani karantina dan observasi di Pulau Natuna Kepulauan Riau (Kepri) tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma (PK) Jakarta. Mereka adalah mahasiswi yang dipulangkan dari Kota Wuhan Provinsi Hubey, China lantaran terjadi wabah virus Corona.

Sebelumnya Pemerintah Indonesia memulangkan 238 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan yang kemudian dilakukan karantina selama dua pekan. Setelah melewati masa karantina dan dinyatakan negatif dari virus Corona, semua WNI diterbangkan ke Halim PK untuk diserahkan ke pemerintah daerah masing-masing.

(Baca Juga : Dinyatakan Sehat dari Virus Corona, Mahasiswa Asal Kolaka Tetap Harus Terapkan PHBS)

iklan zonasultra

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyatakan seluruh WNI dari Natuna telah diserahkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Menemui awak media, Terawan mengatakan pihaknya baru saja mendarat dengan pesawat pertama. Ada tiga pesawat yang mengangkut WNI yakni dua pesawat boing dan satu Hercules.

“Saya tadi juga bersama-sama dengan mereka satu pesawat, jadi lunas sudah saya yang dulu menjemput pertama sekarang yang mengantar ke Halim dan dalam kondisi sehat semua, berbahagia, dan sangat mengharukan,” kata Terawan di Halim PK Jakarta, Sabtu sore (15/2/2020).

Terawan mengatakan WNI tersebut dibekali sertifikat kesehatan dari hasil pemeriksaan dan pemantauan selama masa observasi di Natuna. Bahkan perwakilan WHO turut bersama menjemput WNI di Natuna.

(Baca Juga : Pascakarantina, Pemprov Tak Akan Jemput Empat Mahasiswi Asal Sultra di Jakarta)

“Ini semua disaksikan teman WHO, mereka bisa melihat langsung, betapa kita ini sangat terbuka dalam informasi tidak ada yang disembunyikan dan beliau juga ikut terharu melihat bagaiman saudara-saudara kita sudah berhasil menjalani masa observasi dengan baik dengan tetap sehat karena doa restu dari seluruh rakyat dan bangsa Indonesia,” paparnya.

Di tempat terpisah, Asisten II Setda Provinsi Sultra Suharno mengatakan pihaknya sudah menunggu di Terminal Selatan Halim PK untuk menjemput mahasiswi asal Sultra.

“Saya di parkiran Lanud menjemput mahasiswi, nanti dibawa ke Mess,” kata Suharno saat dihubungi awak Zonasultra.com.

Ia masih menunggu tiga mahasiswa yang terbang dengan pesawat kloter kedua. Adapun empat mahasiswi yang dijemput yakni Yayu Indah Maharani Hidayatullah, Fitri Indar Dewi, Klarasani Nurrahmi Safitri, dan Nia Daniati Rusli yang sedang menempuh pendidikan di Hubei China. (a)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor Rosnia
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib