Honda

Enam Anggota DPR RI Asal Sultra Resmi Dilantik

Enam Anggota DPR RI Asal Sultra Resmi Dilantik
PELANTKAN - Pengucapan sumpah/janji anggota DPR/DPD RI di Gedung Paripurna Komplek DPR RI Senayan Jakarta Selatan, Selasa (1/10/2019). (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Sebanyak 575 anggota DPR RI hasil pilihan rakyat pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 dilantik hari ini, Selasa (1/9/2019). Enam diantaranya adalah wakil rakyat dari Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni Imran, Ridwan Bae, Hugua, Tina Nur Alam, Rusda Mahmud dan Fachry Pahlevi Konggoasa.

Anggota DPR RI tertua Abdul Wahab Dalimunthe dan anggota DPR RI termuda Hillary Brigita Lasut menjadi pimpinan sidang sementara dan membuka acara sidang Paripurna pelantikan anggota DPR RI, masa persidangan 1 Tahun sidang 2020. Selanjutnya Ketua Mahkamah Agung memandu pengucapan sumpah/janji anggota DPR RI.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman Pancasila dan UUD Negera Republik Indonesia 1945,” kata Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali yang diikuti oleh seluruh anggota DPR RI di Gedung Paripurna Komplek DPR RI Senayan Jakarta Selatan, Selasa (1/10/2019).

iklan zonasultra

Baca Juga : Fachry Pahlevi Konggoasa, Caleg DPR RI Termuda dan Termiskin Asal Sultra

Seluruh anggota DPR berjanji bahwa dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknnya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan.

“Akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata para wakil rakyat ini.

Enam Anggota DPR RI Asal Sultra Resmi Dilantik

Selanjutnya penandatanganan Berita Acara Sumpah/Janji Anggota DPR RI serta penyerahan Memori DPR oleh Pimpinan DPR periode 2014 – 2019 kepada Pimpinan Sementara DPR dan penandatanganan Berita Acara Serah Terima. Sebelum menutup sidang, Abdul Wahab Dalimunthe mengatakan bahwa akan dilakukan rapat koordinasi antara anggota DPR perwakilan partai politik.

Usai sidang paripurna pelantikan DPR RI, dilanjutkan paripurna pelantikan DPD RI yang dipimpin oleh pimpinan sidang sementara Sabam Sirait selaku anggota DPD tertua dan Zialika Maharani, anggota DPD termuda dari Sumatera Selatan (Sumsel).

Baca Juga : KPU RI Tetapkan 575 Anggota DPR RI Terpilih, 6 dari Sultra

Adapun anggota DPD RI dari Sultra yakni Andi Nirwana, Amirul Tamim, Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan, Dewa Putu Ardika Seputra. Mereka juga mengucapkan sumpah/janji anggota DPD yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali. Selanjutnya penandatanganan Berita Acara Sumpah/Janji Anggota DPD RI serta penyerahan Memori DPR oleh Pimpinan DPD periode 2014 – 2019 kepada Pimpinan Sementara DPD dan penandatanganan Berita Acara Serah Terima.

Paripurna pelantikan ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang didampingi oleh para istri, para Mentri Kabinet Kerja I, Ketua Umum partai politik, komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). (B)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib