iklan zonasultra

Enam Caleg Dapil 1 Kota Kendari Ini Melenggang ke DPRD Sultra

Enam Caleg Dapil 1 Kota Kendari Ini Melenggang ke DPRD Sultra
Enam Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Daerah Pemilihan (Dapil) I Kota Kendari dipastikan menduduki kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Enam Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Daerah Pemilihan (Dapil) I Kota Kendari dipastikan menduduki kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari menyelesaikan rekapitulasi perhitungan suara, Minggu (5/5/2019).

Kursi pertama parlemen Sultra berhasil direbut Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan perolehan 30.440 suara. Caleg nomor urut 1 Sulkhani berhasil keluar sebagai pemenang dalam perebutan kursi di partai itu dengan raihan 13.592 suara. Ketua DPW PKS Sultra ini mengalahkan pesaing terberatnya, Caleg nomor urut 4 Sudirman yang meraup 12.815 suara.

Kursi kedua direbut oleh Partai Golongan Karya (Golkar) dengan raihan suara sebesar 28.933 suara. Caleg pendatang baru Aksan Jaya Putra (AJP) kokoh berada di puncak menggeser caleg petahana Amiruddin Nurdin. AJP meraih suara tertinggi sebanyak 13.659 suara. Sementara caleg nomor urut 1 itu, hanya bisa mengantongi 9.707 suara.

iklan zonasultra

Kursi ketiga diraih oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan total perolehan 23.535 suara. Lagi-lagi kursi ini diduduki oleh caleg pendatang baru yakni Yudhianto Mahardika. Ia berhasil menaklukkan hati masyarakat Kendari dan merebut 12.917 suara.

(Baca Juga : 35 Caleg Lolos di DPRD Kendari, PKS Raih 7 Kursi)

Putra Anton Timbang ini berhasil unggul sangat jauh dari Ketua DPD Gerindra Kota Kendari Iqbal Abdullah Bafadal yang hanya memperoleh 3.790 suara di Kota Lulo ini.

Kursi keempat menjadi milik Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 18.529 suara. Ketua DPW PAN Sultra Abdurrahman Saleh masih menjaga tampuk kursi parlemen dengan perolehan 12.046 suara.

Ketua DPRD Sultra ini, mengalahkan rekan separtainya yang juga caleg berstatus incumben, Sukarman AK yang hanya memperoleh 4.109 suara.

Kursi kelima disabet oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan perolehan suara sebesar 18.168 suara. Caleg nomor urut 03 Sulaeha Sanusi meraup suara tertinggi di partai besutan Megawati Soekrano Putri itu dengan 5.525 suara. Maka ia dipastikan duduki satu kursi legislatif Sultra.

(Baca Juga : Aksan Jaya Putra Incar Kursi Ketua DPRD Sultra)

Kursi terakhir berhasil dipertahankan oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem) dengan perolehan suara sebesar 15.341 suara. Caleg nomor urut 1 Sudarmanto Saeka berhasil mempertahankan kursi empuknya di parlemen Sultra tersebut. Pasalnya ia berada di posisi teratas untuk perolehan suara yakni sebesar 9.020 suara.

Berdasarkan perhitungan sistem sainte league, tidak ada satupun partai yang mampu meraih dua kursi. Pasalnya suara tertinggi PKS 30.440 jika dibagi 3, maka hasilnya 10.146 lebih suara, sementara suara keenam berjumlah 15.341 suara yang dimiliki Partai NasDem.

Jumlah daftar pemilih di Kota Kendari sebanyak 224.477 pemilih. Jumlah tersebut sudah termasuk daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih tetap tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus (DPK).

Namun yang menyalurkan hak pilihnya hanya 178.799 pemilih saja. Jumlah suara sah sebanyak 169.845 suara. Sedangkan suara tidak sah sejumlah 8.954 suara. (A)

 


Kontributor: Fadli Askar
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib