iklan zonasultra

Enam Kotak Suara di Bombana dan Empat di Konsel Rusak Terkena Air Hujan

Enam Kotak Suara di Bombana dan Empat di Konsel Rusak Terkena Air Hujan
KORAK SUARA RUSAK - Kotak suara yang rusak tersimpan di gudang penyimpanan logistik KPU Konawe Selatan. (Erik Ari Prabowo/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Enam kotak suara pemilihan umum (pemilu) 2019 untuk dua kecamatan di Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) rusak akibat terkena air hujan. Rusaknya kotak suara berisi surat suara dan formulir C-1 tersebut berawal dari proses pendistribusian logistik pemilu sejak Minggu (14/4/2019).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bombana Aminuddin mengatakan, kerusakan kotak suara itu dilaporkan penyelenggara pemilu di Kecamatan Kabaena Timur dan Kabaena Selatan. Kata dia, hujan deras yang mengguyur Pulau Kabaena sejak awal pendistribusian logistik menjadi penyebab utama kerusakan kotak suara hingga tak bisa digunakan lagi.

Rusaknya kotak suara juga berdampak pada rusaknya formulir C-1 plano, hologram, namun tidak merusak surat suara dalam kotak suara tersebut.

iklan zonasultra

Enam Kotak Suara di Bombana dan Empat di Konsel Rusak Terkena Air Hujan
PEMBAHASAN KERUSAKAN LOGISTIK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemipu (Bawaslu) Kabupaten Bombana tengah membahas terkait kerusakan logistik pemilu di kantor KPU setempat, Senin (15/4/2019). (MUHAMMAD JAMIL/ZONASULTRA.COM)

“Enam kotak suara pemilu di Pulau Kabaena rusak terkena hujan. Kotak suara tersebut diangkut menggunakan truk bak terbuka, meskipun telah ditutup menggunakan plastik, plastiknya bocor dan mengenai kotak suara,” jelas Aminuddin di Rumbia, Senin (15/4/2019).

Aminuddin menjabarkan, untuk kotak suara di Kabaena Timur ditemukan di beberapa TPS dengan jenis kerusakan yang berbeda. Adapun kotak suara rusak yakni satu kotak suara pemilihan presiden dan wakil presiden di TPS 06 Kelurahan Lambale, satu kotak untuk DPD RI di TPS 03 Desa Tapuhaka, dan satu kotak suara untuk DPRD kabupaten/kota di TPS 04 Kelurahan Dongkala.

(Baca Juga : Rampung Dirakit, KPU Kendari Masih Kekurangan Kotak Suara)

Sementara di Kecamatan Kabaena Selatan terdapat tiga kotak suara yang rusak, yakni satu kotak suara DPRD provinsi di TPS 3 Desa Pongkalaero, satu kotak suara DPRD kabupaten kota di TPS 1 Desa Pongkalaero, dan satu kotak suara DPRD provinsi di TPS 1 Desa Batuawu.

“Saat ini kami masih menunggu laporan dari kecamatan lain, dan yang jelasnya kotak suara yang rusak ini akan diganti secepatnya,” kata Aminuddin.

Empat Kotak Suara di Konsel Rusak

Hingga H-2 pencoblosan, tercatat sudah ada empat kotak suara yang rusak saat proses pendistribusian logistik pemilu di Konawe Selatan (Konsel).

“Rusaknya itu karena tali pengikat, waktu diantar ke kecamatan kan diikat kencang, begitu dalam perjalanan, mungkin karena medan yang jauh dan jalan yang berlubang ditambah juga hujan kemarin itu makanya langsung sobek,” kata Komisioner Bawaslu Konsel Muamar di GOR Andoolo, tempat penyimpanan logistik, Senin (15/4/2019).

Enam Kotak Suara di Bombana dan Empat di Konsel Rusak Terkena Air Hujan
Penyaluran logistik terus dilakukan hingga H-2 pemilihan. (Erik Ari Prabowo/ZONASULTRA.COM)

Muamar menambahkan, empat kotak suara rusak tersebut terbagi di dua kecamatan masing-masing dua kotak.

“Yang rusak dua di Kecamatan Palangga Selatan duanya lagi di Kecamatan Laeya,” terang Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Konsel tersebut.

Sementara Komisioner KPU Konsel Budiman mengatakan, empat kotak suara tersebut telah disalurkan. “Sudah aman itu, sudah diganti kita tadi malam,” ungkap Budiman.

Penyaluran logistik ke kecamatan di Konsel hingga saat ini masih terus dilakukan. (a)

 


Kontributor: Muhammad Jamil, Erik Ari Prabowo
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib