Facebook, WhatsApp, dan Instagram Berangsur Pulih

Facebook, WhatsApp, dan Instagram Berangsur Pulih

ZONASULTRA.COM,KENDARI – Sempat tumbang, saat ini ketiga media sosial Facebook, WhatsApp (WA) dan Instagram sudah berangsur pulih dan berjalan normal. Pantaun zonasultra pada situs Down Detector menunjukkan laporan kerusakan pada ketiga media sosial terbesar di dunia itu sudah menurun drastis pada pukul 14.00 PM, Kamis (14/3/2019).

Untuk laporan kerusakan media sosial Facebook mencapai puncaknya pada pukul 09.00 AM dengan jumlah 12.211 laporan atau report dan pada pukul 14.00 PM menurun menjadi 30 report saja. Laporan kerusakan yang masuk di Facebook didominasi oleh sulit untuk log-in 35 persen, membuka beranda 33 persen dan total blackout 30 persen.

Sementara itu, laporan kerusakan media sosial Instagram mencapai puncaknya pada pukul yang sama dengan jumlah laporan 30.430 report yang kemudian menurun pada pukul 14.00 PM menjadi 115 report saja.

(Baca Juga : Fakta Tumbangnya FB, Berujung ke Instagram dan WhatsApp, Twitter Jadi Tempat Curhat)

Laporan terbesar pada Instagram adalah sulit mengakses beranda atau news feed sebesar 38 persen, sulit untuk masuk ke akun (log-in) 36 persen dan akses melalui website 24 persen.

Facebook, WhatsApp, dan Instagram Berangsur Pulih

Selanjutnya, pantauan laporan kerusakan pada WhatsApp mencapai puncaknya dengan jumlah 1.414 pukul 09.00 AM dan berangsur pulih menjadi 17 report.

Laporan kerusakan terbesar yang terjadi pada aplikasi WA adalah sulitnya mengirim dan menerima pesan sebesar 49 persen, sulit mengakses 37 persen, dan sulit untuk masuk 12 persen.

Sebelumnya, ketiga aplikasi ini mengalami kerusakan sejak pukul 23.00 PM, 13 Maret 2019 yang membuat penggunanya harus curhat ke media sosial Twitter.

Alhasil, #facebookdown #instagramdown #whatsapp dan #whatsappdown merajai trending topik di Twitter dengan jumlah cuitan menjadi ratusan ribu. Belum ada klarifikasi resmi dari pihak ketiga media sosial perihal penyebab pasti kerusakannya. (A)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib