iklan zonasultra

Fachri Palevi Optimis Proyek Bendungan Pelosika dan Ameroro Terlaksana

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Pusat, Fachri Palevi Konggoasa
Fachri Palevi Konggoasa

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Pusat, Fachri Palevi Konggoasa mengaku proyek Bendungan Pelosika di Kecamatan Latoma dan Bendungan Ameroro di Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo tetap akan terlaksana.

Fachri mengatakan, proyek tersebut masih menjadi perbincangan di parlemen, terlebih salah satu anggota legislatif asal Sultra, Ridwan Bae masih terus mendorong pelaksanaan proyek tersebut ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

(Baca Juga : Anggaran Bendungan Pelosika Disetujui Rp 3,3 Triliun)

“Ini kan salah satu program nasional Pak Jokowi, jadi pasti dilaksanakan lah. Apa lagi pak Ridwan Bae juga masih mengawal proyek ini agar dilaksanakan,” kata Fahcri usai mengikuti Musyawatah Rencana Pembangunan (Musrembang) di Unaaha, Kamis (12/3/2020).

Menurut Fahcri, kabupaten Konawe merupakan daerah penghasil beras terbesar di Sultra, sehingga keberadaan bendungan yang akan menelan anggaran sebesar Rp4,5 triliun untuk bendungan Pelosika dan Rp2,5 triliun untuk bendugan Ameroro sangat bermanfaat bagi para petani. Di sisi lain, Konawe juga diapit oleh beberapa sungai yang menjadi ancaman bencana banjir.

Sebagai komisi yang membidangi pertanian, Fahcri mengaku telah berkoordinasi dengan Dirjen Pertanian untuk mengalokasikan anggaran bagi kemajuan pertanian di Sultra. Ia menyebut anggaran yang telah digelontorkan pemerintah pusat di sektor pertanian mencapai ratusan miliar yang disalurkan ke semua daerah.

(Baca Juga : Usai Pelosika, Ridwan Bae Upayakan Pembangunan Bendungan Ameroro)

“Saya adalah perwakilan Sultra, jadi yang kita perjuangkan adalah aspirasi seluruh warga Sultra, persoalan Konawe mungkin mendapatkan lebih, itu karena usulan CPCL yang masuk kebanyakan dari Konawe,” ujarnya.

Ia mengaku sangat mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Konawe yang disusun dalam program Konawe Gemilang yang di dalamnya mencakup tiga sektor yakni Pertanian, Peternakan, dan Perikanan. Olehnya, Fachri mengaku telah memasukan usulan ke Kementerian terkait untuk mendukung proyek tersebut. (a)

 


Kontributor : Restu Tebara
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib