iklan zonasultra

Fachry Pahlevi Konggoasa, Caleg DPR RI Termuda dan Termiskin Asal Sultra

Fachry Pahlevi Konggoasa, Caleg DPR RI Termuda dan Termiskin Asal Sultra
Fachry Pahlevi Konggoasa

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) menyerahkan daftar nama calon anggota legislatif DPR RI periode 2019-2024 ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dilantik. Untuk Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), ada enam anggota DPR RI yang diusulkan itu, yakni Imran, Ridwan Bae, Hugua, Tina Nur Alam, Rusda Mahmud dan Fachry Pahlevi Konggoasa.

Salah satu syarat agar diusulkan ke Presiden untuk dilantik yakni harus menyerahkan tanda terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) setelah penetapan.

“Di dalam PKPU disebutkan kalau tidak menyerahkan LHKPN tidak diusulkan, bukan berarti batal,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman beberapa waktu yang lalu.

iklan zonasultra

Baca Juga : KPU RI Serahkan Daftar Caleg DPR dan DPD ke Presiden

Fachry Pahlevy Konggoasa menjadi caleg DPR RI termuda dari Sultra yang akan dilantik Oktober mendatang. Fachry akan merasakan kursi di Parlemen Senayan pada usianya yang menginjak 24 tahun. Fachry lahir 14 Mei 1995. Menjadi anggota DPR RI merupakan karir yang cemerlang untuk seorang pemuda seusianya.

Berdasarkan LKHPN yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Fachry merupakan caleg termiskin diantara caleg DPR terpilih dapil Sultra lainnya. Ia hanya memiliki kekayaan sebesar Rp.400 juta berupa dua mobil Avanza tahun 2018 yang masing-masing senilai Rp.200 juta.

Sementara Ridwan Bae menjadi caleg terpilih terkaya dari Bumi Anoa. Harta mantan Bupati Muna dua periode ini mencapai angka Rp.22 miliar yang terdiri dari tanah dan bangunan senilai Rp.14 miliar yang berada di Muna, Kendari dan Bandung.

Sementara harta alat transportasi dan mesin yang dimiliki Ridwan mencapai Rp.1,250 miliar. Harta bergerak lainnya Rp.590 juta dan kas setara Rp.6 miliar.

Selanjutnya Tina Nur Alam memiliki harta kekayaan sekitar Rp.8 miliar berupa harta tanah dan bangunan di Konawe Selatan (Konsel) senilai Rp.1,8 miliar. Harta alat transportasi dan mesin senilai Rp.3 miliar yakni mobil Lexus, Toyota Alpard dan Kijang Innova. Harta bergerak lain dan kas sekitar Rp.3,5 miliar.

Caleg DPR RI terpilih dari Gerindra Imran mempunyai harta sebanyak Rp.4 miliar terdiri dari tanah bangunan senilai Rp.2,5 miliar yang tersebar di Kabupaten Konawe dan Kota Kendari. Sementara harta alat transportasi dan mesin senilai Rp.1,240 miliar yang terdiri dari mobil Totoya Jeep, Toyota Landcruiser, Toyota Prado dan Hummer Jeep.Harta bergerak lainnya dan kas sebanyak Rp.361 juta.

Baca Juga : KPU RI Tetapkan 575 Anggota DPR RI Terpilih, 6 dari Sultra

Sedangkan Rusda Mahmud memiliki kekayaan sebesar Rp.5,5 miliar yang terdiri dari tanah dan bangunan sebesar Rp.4,256 miliar yang tersebar di Kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara (Kolaka). Sementara kendaraan yang dimiliki Rusda hanya Rp.149 juta yang terdiri dari mobil Kia Sportage, Mitsubishi kuda minibus dan motor Suzuki Smash.

Terakhir Hugua yang memiliki kekayaan sebesar Rp.10,742 miliar. Harta mantan Bupati Wakatobi ini paling banyak yakni aset tanah dan bangunan senilai Rp.9,740 miliar.

Hugua banyak memiliki tanah di Kabupaten Konsel, Kota Kendari dan Kabupaten Wakatobi. Ia juga memiliki tanah dan bangunan di Jakatta Utara senilai Rp.3,5 miliar.

Sementara alat transportasi dan mesin hanya Rp.539 juta terdiri atas mobil Toyota Kijang Innova, Suzuki Pick Up, Toyota Kijang minibus, Hardtop Jeep, serta motor Yamaha dan Suzuki Thunder. Sementara harta bergerak lainnya hanya Rp.597 juta dan kas sebesar Rp.50 juta. (A)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Abdul Saban
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib