Tampilan Desktop



Februari 2017, Pengunjung Kebun Raya Kendari Capai 4.663 Orang
153 Dibaca

Weekend, Kebun Raya Kendari Dipadati Pengunjung

KEBUN RAYA – Suasana wisata Kebun Raya Kendari yang dipadati pengunjung sekitar 400 orang, Minggu (26/2/2017) lalu. Wisata ini berhasil menjadi pilihan masyarakat untuk mengisi waktu libur. (ILHAM SURAHMIN ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pengunjung Kebun Raya Kendari yang terletak di kawasan Nanga-nanga Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, selama bulan Februari 2017 mencapai 4.663 orang.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Kebun Raya Kendari La Ode Yama.

La Ode Yama

La Ode Yama

Menurutnya, banyaknya pengunjung Kebun Raya Kendari melebihi kapasitas perkiraan selama ini. Artinya pengunjung Kebun Raya Kendari jika dirangking menduduki posisi kedua terbanyak pengunjung dari 47 kebun raya yang ada di Indonesia. Dimana Kebun Raya Kendari hanya kalah dari Kebun Raya Bogor.

Berita Tekait : Weekend, Kebun Raya Kendari Dipadati Pengunjung

“Jadi kita patut berbangga dengan hal seperti ini. Apalagi pengunjung semakin hari semakin bertambah, walaupun sekarang dibuka hanya dua kali seminggu, yakni hari Sabtu dan Minggu saja. Buktinya Sabtu dan Minggu kemarin pengunjungnya itu mencapai 500 orang pada hari Sabtu dan 700 orang pada hari Minggu,” ungkapnya saat ditemui di Taman Kota Kendari, Rabu (15/3/2017) sore.

Ia mengungkapkan, pengunjung Kebun Raya Kendari masih dari wisatawan domestik baik dari dalam Kota Kendari maupun luar kota, dan didominasi kalangan anak muda seperti anak SMP, SMA, dan mahasiswa.

“Kebanyakan pengunjung datang ke Kebun Raya Kendari ini untuk berfoto dengan memanfatkan sejumlah fasilitas seperti view puncak, gerbang dan jembatan. Tetapi ada juga yang bertanya kepada kami apa diperbolehkan untuk melakukan penelitian di sini. Saya bilang bisa tapi dalam jumlah yang terbatas,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, pekerjaan Kebun Raya Kendari belum rampung 100 persen sesuai perencanaan. Sehingga tahun 2017 ini masih terus digenjot pekerjaannya.

“Inikan belum rampung pekerjaan, tetapi animo masyarakat untuk datang ke Kebun Raya Kendari sangat tinggi,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk Kebun Raya Kendari pihak pengelolah belum memberlakukan retribusi kepada para pengunjung, sebab belum ada peraturan daerah (Perda) terkait hal tersebut.

Baca Juga : Ingin Berwisata Alam Yuk Kunjungi Kebun Raya Kendari

Ia juga, berharap kepada masyarakat yang berkunjung ke Kebun Raya Kendari bukan hanya sekedar animo saja. Tetapi lebih kepada pentingnya kebun raya itu seperti apa.

Kebun Raya Kendari baru dibangun tahun 2016 oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan LIPI, serta baru dibuka untuk umum pada Januari 2017 lalu. Memiliki luas mencapai 96 hektar, yang didalamnya terdapat 38 jenis tanaman spesies, 22 jenis tanaman epifit tingkat bawah dan empat jenis tanaman rotan. (B)

 

Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com