iklan zonasultra

Festival Budaya Tua Buton, Warga Diminta Peduli Sampah

Kepala Dinas Pariwisata Buton La Ode Abdul Zainudin Napa
Zainudin Napa

ZONASULTRA.COM, PASARWAJOFestival Budaya Tua Buton 2019 diprediksi akan ramai pengunjung. Pemerintah Kabupaten Buton pun meminta warga peduli sampah dan menjaga kebersihan.

“Masalah sampah itu jadi persoalan internasional, utamanya di laut. Jika di laut kita banyak sampah kita bisa dikenakan sanksi dari wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Buton, La Ode Zainuddin Napa dihubungi, Kamis (8/8/2019).

Sanksi yang dimaksud Zainuddin bukan merujuk pada hukum positif saja, tapi lebih kepada moril. Imbasnya, pada gelaran Festival Budaya Tua Buton ke depan, para wisatawan tidak akan berkunjung lagi.

iklan zonasultra

“Yang menjadi perhatian khusus wisatawan mancanegara (wisman) itu adalah sampah plastik. Bahan baku yang hasilkan sampah plastik harus dikurangi penggunaanya,” tambah Zainuddin.

(Baca Juga : Ada Lomba Dayung Bagi Wisman di Festival Budaya Tua Buton)

Kata Zainuddin, saat ini pihaknya sudah menurunkan tim untuk mengecek kebersihan pantai di Buton. Salah satu yang menjadi fokus adalah Pantai Wabula. Pasalnya, selama ini terdapat banyak sampah di pantai tersebut.

“Di Wabula itu sampah dari masyarakat setempat ini sangat memprihatinkan,” katanya.

(Baca Juga : Ritual Pedole-dole, Imunisasi Massal dalam Gelaran Festival Budaya Tua Buton)

Dispar Buton juga akan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengangkut sampah. Dijadwalkan, sebelum hari H akan digunakan waktu satu hari menurunkun seluruh sumber daya DLH Buton untuk membersihkan sampah di Pantai Wabula.

Festival Budaya Tua Buton akan digelar siang malam 19-14 Agustus nanti. Dikabarkan ratusan wisman akan menghadiri event tahunan di Buton ini. (b)

 


Penulis: M6
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib