iklan zonasultra

Festival Konasara Kembali Digelar, Ruksamin: Ini Persembahan Konut untuk Indonesia

Festival Konasara Kembali Digelar, Ruksamin: Ini Persembahan Konut untuk Indonesia
FESTIVAL KONASARA- Suasana pemukulan gong pertanda soft launching Festival Konasara tahun 2017 diresmikan oleh Plt Gubenur Sultra Saleh Lasata didampingi Bupati Konut Ruksamin bersama jajarannya, Minggu (3/12/2017) di Hotel Zahra Syariah Kendari. (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

Festival Konasara Kembali Digelar, Ruksamin: Ini Persembahan Konut untuk Indonesia FESTIVAL KONASARA– Suasana pemukulan gong pertanda soft launching Festival Konasara tahun 2017 diresmikan oleh Plt Gubenur Sultra Saleh Lasata didampingi Bupati Konut Ruksamin bersama jajarannya, Minggu (3/12/2017) di Hotel Zahra Syariah Kendari. (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) kembali menggelar kegiatan Festival Konasara mulai 31 Desember 2017 hingga 6 Januari 2018.

Semalam, Minggu (3/12/2017) soft launching Festival Konasara digelar dan diresmikan langsung oleh Plt Gubernur Provinsi Sultra Saleh Lasata di Hotel Zahra Syariah Kendari.

Bupati Konut Ruksamin mengatakan, kegiatan ini merupakan perwujudan atas apa yang telah dilakukan dirinya bersama Raup dalam membangun Konut serta menjelang perayaan HUT Konut ke-11 tahun.

“Meskipun kami belum lama dilantik, tapi kita bisa lihat perubahan yang terjadi di Konut,” ungkap Ruksamin.

Melalui Festival Konasara, Ruksamin ingin memperlihatkan jika Konut merupakan daerah majemuk, dihuni hampir seluruh suku yang ada di Indonesia mulai dari lokal dan pendatang di luar Sultra.

Pemkab Konut juga ingin mendukung program pemerintah pusat untuk meningkatkan wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia melalui festival ini. Salah satunya berusaha memenuhi target kunjungan wisman sekitar 1 juta di Sultra.

“Keindahan alam Konut saat ini menjadi perhatian turis mancanegara. Tahun ini tercatat kurang lebih 500 ribu turis mencanegara mendatangi sejumlah wisata terkenal di Konut salah satunya yakni Pulau Labengki,” ungkap Ruksamin.

(Baca Juga : Resmikan Festival Konasara, Saleh Lasata Pamit pada Jajaran Pemkab Konut)

Ruksamin menunjukkan optimismenya jika Festival Konasara dapat menjadi perhatian masyarakat Indonesia apabila terus dilaksanakan setiap tahun dengan mendatangkan tamu dari luar Sultra, bahkan internasional. Sehingga tidak menutup kemungkinan festival ini masuk dalam kalender event nasional Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Baginya, Konut akan menjadi masa depan Indonesia dan menjadi miniatur Indonesia yang ada di Sultra.

Terlepas dari itu, menjelang pelaksanaan Festival Konasara, Ruksamin akan fokus pada pembenahan infrastruktur jalan agar akses masyarakat dapat berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan serta fasilitas penunjukan lainnya.

“Apa yang kami lakukan ini adalah persembahan Konut untuk Indonesia,” pungkasnya.

Sejumlah kegiatan yang akan digelar dalam Festival Konasara ini yakni lomba tarik kapal, lomba kapal hias nelayan, pelepasan 11 ribu lampion, festival Pantai Taipa, pemilihan putra putri Konut, kunjungan sejumlah wisata dan masih banyak lagi kegiatan yang akan dilakukan.

Plt Gubernur Sultra Saleh Lasata mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Festival Konasara. Menurutnya ini adalah ajang promosi daerah kepada masayarakat Indonesia dan luar negeri bahwa Sultra memiliki aneka ragam budaya dan keindahan alam yang melimpah.

“Kalau tidak seperti ini, daerah kita tidak bakal maju. Ini positif dilakukan bagi seluruh daerah di Sultra yang dalam kategori berkembang atau daerah baru,” pungkasnya. (B)

 

Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib