iklan zonasultra

iklan zonasultra

Fit and Proper Test KPU 15 Kab/Kota Digelar 9 Juni

Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan
Wahyu Setiawan

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Fit and proper test (uji kelayakan dan kepantasan) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) 15 Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tenggara (Sultra) akan digelar 9 Juni mendatang. Fit and proper test tersebut akan dilaksanakan di Kota Kendari dengan dibantu oleh KPU Provinsi Sultra.

“Fit and proper test untuk KPU Kabupaten/Kota di Sultra akan dilakukan dalam waktu dekat, tanggal 9 Juni,” ungkap Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan saat ditemui di Gedung Nusantara I DPR RI, Senin (4/5/2018).

Sementara untuk penguji fit n proper test, KPU RI telah menunjuk Ilham Saputra untuk menyelesaikannya. Dalam pelaksanaannya nanti, Ilham akan dibantu oleh komisioner KPU Sultra yang baru saja dilantik bulan lalu.

“Nanti yang ke Sultra Pak Ilham,” imbuh Wahyu.

Saat dikonfirmasi oleh awak Zonasultra, Ilham Saputra membenarkan hal tersebut.

(Baca Juga : KPU RI Apresiasi Jumlah Pemilih Potensial Non E-KTP Menurun)

Seperti diketahui bahwa masa jabatan 15 KPU Kabupaten/Kota di Sultra akan berakhir H-1 sebelum pemungutan suara. Tentu saja sesuai dengan undang-undang yang berlaku masa jabatan KPU tidak bisa diperpanjang.

Untuk menyiasati hal itu, terutama bagi daerah-daerah yang menyelenggarakan Pilkada beberapa komisioner yang lama akan diprioritaskan. Hal ini bertujuan agar anggota KPU bisa langsung bekerja melanjutkan tahapan Pilkada setelah dilantik. (A)

 


Reporter : Rizki Arifiani
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib