iklan zonasultra

FKLPI dan BLK Kendari Siap Ciptakan Tenaga Kerja Lokal Handal

FKLPI dan BLK Kendari Siap Ciptakan Tenaga Kerja Lokal Handal
BLK KENDARI- Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kota Kendari Benyamin Salempang bersama Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Kendari La Ode Polondu serta Ketua FKLPI Sultra Baso Rani Mochtar dalam kegiatan perumusan program kerja daerah adaptasi kebiasaan baru di Hotel Zenith Kendari, Jumat (20/11/2020). (ISTIMEWA)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Industri (FKLPI) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari siap menciptakan tenaga kerja lokal handal.

Hal tersebut direalisasikan dengan melakukan perumusan program kerja daerah adaptasi kebiasaan baru di salah satu hotel di Kendari, Jumat (20/11/2020). Peserta yang terlibat berasal dari seluruh anggota FKLPI Sultra.

Ketua FKLPI Sultra, Baso Rani Mochtar mengatakan FKLPI berusaha menfasilitasi dan menjembatani BLK agar diketahui oleh perusahaan industri. Sehingga, BLK bisa menyiapkan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan industri tersebut.

“BLK kan punya produk pelatihan. Tugas kita untuk memberitahukan perusahaan industri tentang produk pelatihan BLK ini. Kita jadi fasilitator untuk BLK dan perusahaan,” ujarnya.

Ia mencontohkan misal sebuah perusahaan membutuhkan tenaga administrasi, maka pihaknya akan menyampaikan ke BLK. Agar BLK menyiapkan tenaga kerja dengan memberikan pelatihan sesuai bidang yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Begitu pun, apabila sebuah perusahaan berniat untuk meningkatkan kapasitas tenaga kerjanya. BLK Kendari juga siap untuk memberikan atau membuka kelas pelatihan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan BLK Kendari, Nurjayanti menambahkan dengan hadirnya FKLPI ini sangat membatu BLK Kendari dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja perusahaan industri yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan di Sultra.

Kata dia, secara total BLK Kendari telah melatih 743 orang sepanjang tahun 2020 yang terbagi dalam 46 paket produk pelatihan. Diantaranya, otomotif, las, komputer, perhotelan, menjahit, dan lain sebagainya.

“BLK siap memberikan pelatihan ketika FKLPI mengetahui kebutuhan tenaga kerja suatu perusahaan,” katanya.

Nurjayanti mengharapkan, ke depan sinergitas untuk mencapai output dari BLK Kendari bisa terlaksana dengan baik. Sehingga, angka pengangguran di wilayah Sultra bisa terus menurun.

Wakil Ketua FKLPI Sultra, Ahmat menambahkan bila FKLPI sejatinya memediasi antara kebutuhan perusahaan terhadap suplai tenaga kerja yang diproduksi oleh BLK. Supaya bisa matching antara kelas pelatihan yang dibuka oleh BLK dengan kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan.

Untuk diketahui kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kota Kendari Benyamin Salempang didampingi Kepala BLK Kendari La Ode Polondu. (b)

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib