iklan zonasultra

Gagal Tahun Lalu, Terminal Tipe B Kontunaga Dibangun Tahun Ini

Sekretaris Dishub Kabupaten Muna La Ode Nifaki Toe
La Ode Nifaki Toe

ZONASULTRA.COM, RAHA – Pembangunan terminal tipe B yang rencananya dibangun di kecamatan Kontunaga, kabupaten Muna sempat batal dibangun tahun 2019 lalu, dan akan direalisasikan tahun ini.

Sejauh ini, pemerintah Kabupaten Muna, sudah melakukan komunikasi dengan pihak Dinas Perhubungan Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk pembangunan terminal tipe B Kontunaga itu.

Kepala Dinas Perhubungan Muna, La Ode Nifaki Toe, mengatakan sejak tahun 2018 lalu, Dinas Perhubungan Sultra menjatah pembangunan terminal tipe B di 17 Kabupaten Kota yang ada, Muna mendapat jatah tahun ini.

iklan zonasultra

“Muna nanti tahun 2020 ini baru kebagian pembangunan terminal tipe B. Rencananya tim dari Dishub Sultra akan turun pada bulan Februari,” terang Nifaki, Selasa (14/1/2020).

Namun Nifaki tak bisa memastikan kapan pastinya pembangunan terminal tersebut. “Kita hanya melakukan pembebasan lahan. Kalau untuk pengerjaannya itu semua ditangani oleh Pemprov. Saya berharap awal tahun ini bisa segera dibangun,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan kondisi terminal Laino yang saat ini beroperasi tak bisa lagi menampung jumlah kendaraan yang beroperasi.

“Sekarang kendaraan angkutan antar kecamatan sudah sangat padat dan tidak teratur. Bahkan banyak terminal bayangan,” timpalnya.

Makanya, jika pembangunan terminal Kontunaga tuntas pihaknya akan menerapkan aturan baku untuk trayek angkutan umum. “Kita sudah komunikasi dengan pihak Organda untuk membahas soal angkutan umum,” kata Nifaki.

Estimasi anggaran yang akan digunakan untuk pembangunan terminal tersebut sebesar Rp2 miliar dari APBD 2020. (b)

 


Kontributor: Nasrudin
Editor : Kiki
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib