iklan zonasultra

Gandeng Kemenkes RI, Satgas TMMD Gelar Pengobatan Gratis di Konawe

Jumat Barokah, Dinkes dan DPPKB Konut Gelar Pengobatan Gratis
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) 104 menggelar pelayanan kesehatan di Lapangan Desa Nario Indah, Kecamatan Anggotoa, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (20/3/2019). Dalam kegiatan ini, TMMD menggandeng Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Tim Kesehatan Korem 143/HO, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1417/Kendari, Letkol Cpn Fajar Luvti Haris Wijaya dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, dalam rangkaian kegiatan TMMD 104, salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah pengobatan gratis di lima desa di Kecamatan Anggotoa, yaitu Desa Karandu, Desa Wowoporesa, Desa Lawuka, Desa Nari Indah, dan Desa Wawonario. Kegiatan pengobatan gratis ini merupakan sinergitas antara TNI dengan pemerintah setempat.

“Tentunya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat, baik yang memiliki BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) atau tidak. Yang terpenting adalah masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan gratis,” jelas Dansatgas TMMD 104 Konawe ini.

Pantauan Penrem 143 di lokasi, masyarakat yang datang untuk berobat sangat antusias, terlihat dari tenda yang disediakan oleh Satgas TMMD 104 dipenuhi masyarakat. Bahkan dari Dinkes Konawe sempat kewalahan menangani pasien, namun dengan bantuan TNI hal tersebut bisa diatasi dengan baik.

“Kami sudah berkoordinasi bahwa tidak dibatasi pada lima desa yang ada di Kecamatan Anggotoa saja, tetapi dari desa-desa lain yang ada di Kabupaten Konawe juga bisa melakukan pengotaban gratis,” ujar Dandim 1417/Kendari

Kepala Sub Bagian Program Pusat Krisis Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI Setio Rini mengatakan bahwa Kemenkes RI mendukung kegiatan TMMD terkait pengobatan gratis ini sejak tahun 2015 lalu. Ia sampaikan, pada tahun 2019, ada sebelas lokasi TMMD yang didukung oleh Kemenkes RI.

“Selain di Kabupaten Konawe, ada juga di kabupaten lainnya. Dukungan kami dari Kementerian Kesehatan yakni menurunkan tim kesehatan mulai dari Dinas Kesehatan Provinsi Sultra maupun kabupaten guna memberikan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat,” kata Setio Rini.

Terkait dengan ketersediaan obat, pihaknya untuk sementara menggunakan obat-obat dari Dinkes Provinsi Sultra maupun Dinkes Kabupaten Konawe. Ia berharap adanya kegiatan ini bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat Kecamatan Anggotoa.

“Karena program kami memang menjangkau kesehatan masyarakat dasar khususnya di daerah-daerah terpencil yang membutuhkan pendekatan akses kesehatan masyarakat. Kami memilih wilayah-wilayah yang aksesnya agak susah dijangkau. Sehingga pelayanan kesehatan bisa dirasakan semua masyarakat,” tuturnya.

Senin (70), salah satu warga Desa Nario Indah, Kecamatan Anggotoa yang ikut memeriksakan kesehatannya menyampaikan sangat berterimakasih kepada Satgas TMMD 104 yang telah mengadakan pengobatan gratis. Sehingga ia bisa mendapatkan obat secara gratis untuk mengobati penyakit yang dideritanya.

“Saya flu dan kepala sakit. Alhamdulilah setelah saya konsultasi sama dokter tadi langsung diberikan obat. Terimakasih Bapak TNI yang sudah melayani kami dengan ikhlas, kami tidak bisa membalasnya dengan apapun tapi hanya mendoakan agar selalu panjang umur supaya ke depannya kami bisa dilayani lagi,” tuturnya.

Bhakti sosial pelayanan kesehatan gratis ini dirangkaikan dengan kegiatan sambung rasa serta sunatan massal yang dihadiri oleh Polres Konawe, kepala desa se-Anggotoa, Camat Anggotoa, serta sejumlah masyarakat Anggotoa. (b)

 


Kontributor: Fadli Aksar
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib