iklan zonasultra

Gandeng Poktan, Dandim 1413 Buton Tanam Padi Perdana di Bombana

Gandeng Poktan, Dandim 1413 Buton Tanam Padi Perdana di Bombana
TANAM PADI - Proses penanaman padi perdana kelompok tani bekerjasama dengan TNI di Desa Lakomea, Kecamatan Rarowatu, Bombana, Minggu (24/2/2019). (MUHAMMAD JAMIL/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1413 Buton Letnan Kolonel Davy Darma Putera bersama kelompok tani (poktan) Lerementaa menanam padi perdana di Desa Lakomea, Kecamatan Rarowatu, Kabupaten Bombana, Minggu (24/2/2019).

Pani itu ditanam di lahan Poktan Lerementaa yang luasnya mencapai 30 hektar. Lahan ini dibuka sejak tahun 2017. Lokasi itu ditanami benih yang cukup berkualitas yakni benih padi ciliwung.

Davy Darma mengatakan, kehadirannya di Bombana merupakan tindak lanjut dari komitmen antara TNI dan Kemeterian Pertanian (Kementan) RI dalam program upsus (upaya khusus) peningkatan swasembada pangan, utamanya di daerah Bombana.


“Saya bersama beberapa anggota TNI di Bombana bekerjasama dengan masyarakat dan kelompok tani menanam padi. Dengan adanya tenaga dan kebersamaan, maka proses penanaman itu cepat selesai,” ujar Davy Darma di Rarowatu, Minggu (24/2/2019).

Dalam kunjungannya di Bombana, Davy juga mengunjungi gudang Bulog, salah satunya yang ada di Desa Waemputtang, Kecamatan Poleang Selatan guna melihat ketersediaan stok beras dan serapan gabah yang masuk.
Ia berharap agar seluruh TNI, khususnya yang berstatus Bintara Pembina desa (Babinsa ) agar bisa lebih bersinergi dengan masyarakat di wilayah tugasnya.

Sementara Ketua Poktan Lerementaa, Lukman mengapresiasi hadirnya rombongan TNI membantu proses penanaman padi di lokasinya.

“Kami sangat merasa terbantu dengan hadirnya TNI dalam proses penanaman padi ini. Selain tangguh, mereka juga sangat lincah dalam melakukan proses tanam padi yang baik dan rapi,” kata Lukman. (b)

 


Kontributor: Muhammad Jamil
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib