iklan zonasultra

Gandeng PT Telkom, PPDB 2018 di Kota Kendari Berbasis Online

Panitia PPDB 2018 Kota Kendari, Amran
Amran

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019 jenjang SD/SMP se-Kota Kendari dipstikan berlangsung secara online. Dalam hal ini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrag (Dikmudora) Kota Kendari menggandeng PT Telkom.

Berdasarkan peraturan menteri (Permen) nomor 14 tahun 2018 disebutkan, dapat dilaksanakan dengan mekanisme dalam jaringan atau diluar jaringan, tetapi pada ayat berikutnya masih di Permen yang sama dikatakan PPDB itu diutamakan menggunakan mekanisme dalam jaringan atau bersifat on line.

“Sehingga, pelaksanaan PPDB tahun ini sama dengan tahun 2017 kemarin yang dilaksanakan secara on line,” ungkap Panitia PPDB 2018 Kota Kendari, Amran, Sabtu (4/6/2018).

Hanya saja, kata dia, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari selaku pelaksana PPDB belum memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap untuk membuat sistem on line tersebut. Maka, PPDB kali ini pun pihaknya bekerjasama dengan pihak ketiga yakni PT Telkom.

Amran menambahkan, terkait petunjuk teknis atau Standar Operasional Prosedur (SOP) sudah dirampungkan baik untuk TK, SD, maupun SMP. Adapun, seleksi penerimaan untuk tingkat SD yang lebih diutamakan ialah dari segi usia kemudian zona. Sementara untuk SMP, pertama dilihat ialah zona baru nilai hasil ujian, dan prestasi baik akademik dan non akademik.

“Artinya, PPDB 2018 ini sama dengan tahun sebelumnya yang menggunakan sistem zonasi. Namun kali ini diharap lebih baik dalam penerapannya,” jelasnya.

Untuk diketahui, Zonasi yang diterapkan tahun ini ialah mengacu pada standar pelayanan minimal. Dalam artian, jarak yang digunakan ialah jarak tempuh bagi pejalan kaki, misal bagi siswa SD berjalan kaki dari rumah ke sekolah minimal tiga kilo meter sedangkan SMP lima kilo meter. (B)

 


Reporter : Sri Rahayu
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib