iklan zonasultra

Gedung Sekolah Terkena Longsor Tak Layak Digunakan

Gedung Sekolah Terkena Longsor Tak Layak Digunakan
TINJAU LOKASI - Wabup Konkep, Andi Muhammad Lutfi ketika meninjau lokasi bangunan gedung SMAN 1 Wawonii yang tertimpa longsor pada (04/07) didesa Mata Langara, Kecamatan Wawonii Barat (Arjab/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LANGARA – Wakil Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) Andi Muhammad Lutfi mengungkapkan bahwa gedung Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Wawonii yang tertimpa longsor sudah tidak layak untuk digunakan. Sebab, bangunan sekolah tersebut memang rawan bencana longsor karena diapit tebing dan jurang.

“Saya melihat, lokasi gedung sekolah ini sudah tidak layak. Apalagi ini salah satu sekolah andalan kita yang ada disini, dengan jumlah siswa kurang lebih 500 orang. Sangat riskan, dipakai karna sebelah menyebelah tebing dan jurang,” katanya saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di lokasi longsor, Rabu (04/07) di Langara.

Dijelaskannya, bangunan gedung tersebut sudah tak layak digunakan karena sewaktu-waktu sangat memungkinkannya terjadi bencana. Sebab, tebing di sebelah selatan bisa runtuh, dan jurang di sebelah barat bisa jebol.

(Baca Juga : Tertimpa Reruntuhan Tebing, Gedung SMAN 1 Wawonii Rusak Parah)

“Dalam waktu dekat kita coba berkordinasi dengan Pak Bupati serta pihak terkait, untuk bagaimana kalau kita menyiapkan lahan, kemudian Pemprov menyiapkan anggaran untuk pembangunan gedung yang baru,” tukasnya

Terkait kondisi gedung yang rusak total, ia mengaku telah menyampaikan kepada pihak sekolah untuk segera berkordinasi dengan Pemprov Sultra karena kewenangan untuk SMA/SMK berada di Pemprov.

“Kita ketahui bahwa itu adalah kewenangan Provinsi meskipun berada di wilayah kita, kita hanya kordinasi. Jika tiba waktu yang ditentukan kemudian belum ada tanggapan, saya sudah melaporkan ke Pak Bupati untuk kita ambil tindakan,” terangnya. (B)

 


Reporter : Arjab Karim
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib