iklan zonasultra

Gegara Tak Diwisuda, Mahasiswa Keperawatan UHO Melapor ke Ombudsman

Gedung Fakultas Kedokteran UHO
Gedung Fakultas Kedokteran UHO

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Program Studi (Prodi) Pendidikan Dokter Konsentrasi Keperawatan angkatan 2015 Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melaporkan pihak kampusnya ke Ombudsman.

Kepala Perwakilan Ombudman Sulawesi Tenggara (Sultra) Mastri Susilo membenarkan perihal laporan tersebut, bahwa ia telah mendisposisi surat tersebut ke asisten untuk segera dilakukan tindakan.

Tindakan dimaksud adalah segera melayangkan surat ke Fakultas Kedokteran dan Rektorat UHO. “Kami akan melakukan klarifikasi dan meminta keterangan pihak kampus terkait masalah tersebut,” katanya melalui pesan WhatsApp, Rabu (20/11/2019) malam.

iklan zonasultra

Terkait masalah ini, pihaknya sangat prihatin dengan kondisi yang dialami mahasiswa tersebut karena sampai saat ini belum dapat diwisuda. Oleh karena itu Ombudsman mengharapkan ada kepastian terkait status mereka.

Baca Juga : Sudah Skripsi, Puluhan Mahasiswa Keperawatan UHO Resah Belum Diwisuda

“Secepatnya kita proses,” ujarnya.

Mahasiswa Keperawatan UHO angkatan 2015 berinisial SI menjelaskan bahwa ia bersama ketiga teman seangkatannya melapor ke Ombudsman pada tanggal 30 Oktober 2019 lalu. Isi laporannya adalah keberatan belum adanya kepastian wisuda bagi mahasiswa keperawatan angkatan 2014 dan 2015 yang telah mengikuti ujian akhir dari pihak kampus.

Ia juga mengaku, setelah laporan ini masuk ke Ombudsman pihak kampus mencari tahu siapa yang melaporkan hal tersebut. Sehingga ia enggan disebutkan identitas jelasnya kepada pihak Zonasultra. Akan tetapi, perihal laporan ini ditegaskan SI benar adanya.

“Memberanikan diri kak. Iya ditanya-tanyakan siapa yang melapor,” katanya melalui pesan WhatsApp.

Berdasarkan berita zonasultra yang sebelumnya, sebanyak 65 mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Konsentrasi Keperawatan angkatan 2014 dan 2015 hingga saat ini belum juga diwisuda. Khususnya untuk angkatan 2014 yang berjumlah 30 orang telah menjalani perkuliahan kurang lebih 5 tahun hingga sampai 90 persen dari mereka telah menyelesaikan ujian skripsi.

Sementara itu untuk angkatan 2015 jumlahnya 35 orang dan sebagian besar juga sudah menyelesaikan skripsi. Sehingga tahun 2018 dan 2019 mereka harusnya diwisuda dan mendapatkan gelar sarjana keperawatan.

Baca Juga : Janji Manis Fakultas ke Ortu Mahasiswa Keperawatan UHO Soal Wisuda

Sejumlah upaya mahasiswa untuk mempertanyakan nasib mereka ke pihak fakultas pun tidak membuahkan hasil.

Redaksi zonasultra juga sudah melakukan upaya konfirmasi kepada pihak kampus dan universitas tekait masalah ini akan tetapi tidak mendapatkan respon apapun. (A)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Loading...

1 KOMENTAR

  1. Semoga pihak ombudsman segera menindak lanjuti laporan ini..!!!

    jurusan keperawatan UHO itu jika dicek di direktori bantpt.or.id (per tgl 20 Nov2019) TIDAK ditemukan status akreditasinya alias Tidak/Belum Terakreditasi.
    Jika Boleh USUL: Jika memungkinkan Mahasiswa Jurusan Keperawatan UHO yg belum WISUDA itu (angkatan 2014 dan 2015) di integrasikan saja ke Jurusan lain yg Serumpun yg masih di dalam lingkungan UHO, misalnya Jurusan Kesehatan Masyarakat.

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib