iklan zonasultra

Gelar Pilkades Serentak, BPMD Konsel Butuh Anggaran Rp1,5 Miliar

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) kabupaten Konsel, Asaapi
Asaapi

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO-Tercatat ada 127 Desa yang tersebar di 25 kecamatan, di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dalam waktu dekat ini.

Dari jumlah itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) kabupaten Konsel, Asaapi menyatakan pihaknya membutuhkan anggaran sebesar Rp1,5 Miliar untuk membiayai pemilihan tersebut.

“Jumlah ini masih taksiran kita, kita masih mau lihat dulu, karena anggaranya baru akan dibahas dalam anggaran perubahan,” Ujar Asaapi ,Minggu (23/6/2016).

iklan zonasultra

Lebih jauh Asaapi menambahkan, jumlah anggaran tersebut bakal digunakan membiayai seluruh tahapan Pilkades, diantaranya surat suara, honor panitia maupun logistik.

Sejauh ini pihaknya belum melaksanakan tahapan apapun, pasalnya masih menunggu anggaran perubahan ditetapkan yang rencananya baru akan dibahas bulan Juli mendatang.

Jika anggaran telah ditetapkan, BPMD bakal melakukan tahapan pembentukan panitia pemilihan di setiap desa, selanjutnya dilakukan pembekalan tekhnis pada para panitia.

“Kepastian waktunya belum kita tetapkan, yang jelas target kita setelah anggaran perubahan,” terangya.

Mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) Konsel ini menuturkan, terhitung sejak bulan Januari 2019, pejabat Kades di beberapa wilayah Konsel mulai habis. Sesuai regulasi yang ada, DPMD melantik pelaksana Kades sebagai pengganti sementara (B)

 


Kontributor : Erik Ari Prabowo
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib