iklan zonasultra

Gelar Safari Ramadan, Bupati Kolut Mengajak Pentingnya Perbaikan Diri

Gelar Safari Ramadan, Bupati Kolut Mengajak Pentingnya Perbaikan Diri
SAFARI RAMADAN - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan Safari Ramadan 1440 H/2019. Kegiatan tersebut dilakukan di seluruh masjid desa yang tersebar di 15 Kecamatan Wilayah Kolut.  (Rusman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA  РPemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan Safari Ramadan 1440 H/2019. Kegiatan tersebut dilakukan di seluruh masjid desa yang tersebar di 15 Kecamatan Wilayah Kolut.

Pemda Kolut melakukan kunjungan pada malam ke tujuh hingga malam ke 11 Ramadan dengan membagi tiga kelompok dalam setiap kecamatan yang diwakili oleh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.

Gelar Safari Ramadan, Bupati Kolut Mengajak Pentingnya Perbaikan DiriBupati Kolut, H Nur Rahman Umar memimpin langsung rangkaian kegiatan Safari Ramadan Pemda Kolut tersebut. Ia menyempatkan diri mengunjungi beberapa masjid, salah satunya Masjid Raya Kecamatan Watunohu pada Minggu (12/5/2019), yang letaknya puluhan kilometer dari Kota Lasusua.

iklan zonasultra

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Kolut itu menyampaikan bahwa bulan Ramadan adalah momentum perbaikan diri secara total dengan komitmen menjaga kesabaran dan kemampuan menahan diri dengan ibadah puasa.

“Momentum ini selalu kita tunggu bersama. Tak hanya menyajikan kehangatan berbuka puasa atau kekhusyukan berpuasa, bulan ini menjadi saat yang tepat untuk saling berbagi dan mengingatkan antara sesama manusia,” kata Nur Rahman.

Gelar Safari Ramadan, Bupati Kolut Mengajak Pentingnya Perbaikan DiriSebagai ajang ibadah dan silaturahmi dengan masyarakatnya, bupati dan rombongan mengisi rangkaian kegiatan safari Ramadan dengan menyalurkan langsung zakat profesi dari Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) kepada masyarakat yang berhak menerima sebelum kegiatan buka puasa bersama masyarakat.Selain itu juga dilakukan salat Magrib, Isya, dan Tarawih secara berjamaah.

Gelar Safari Ramadan, Bupati Kolut Mengajak Pentingnya Perbaikan Diri

Dalam sambutannya yang diungkapkan di hadapan jamaah Masjid Raya Watunohu, Bupati mengingatkan masyarakat agar senantiasa menghargai kemuliaan bulan Ramadan, dengan cara menghindarkan diri dari perbuatan atau aktivitas negatif, yang dapat menodai dan mencederai kesucian bulan penuh berkah ini.

Dia mengajak segenap masyarakat untuk mengisi bulan Ramadan, dengan berlomba mendapatkan pahala dan ridha Allah SWT, melalui rangkaian ibadah dan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya. Sebab, tidak ada jaminan bahwa semua masih akan dipertemukan dengan Ramadan tahun berikutnya.

“Mari sejenak kita renungkan betapa banyak orang di sekeliling kita, saudara muslim, kerabat ataupun tetangga kita, yang di bulan Ramadan tahun lalu kita masih bersama, namun tahun ini kita tidak lagi bersama dengan mereka melaksanakan ibadah Ramadan, karena telah berpulang ke rahmatullah,” ungkap Nur Rahman.

Gelar Safari Ramadan, Bupati Kolut Mengajak Pentingnya Perbaikan Diri

Olehnya itu, ia mengajak segenap masyarakat untuk senantiasa mensyukuri nikmat Ramadan ini dengan mengisi detik demi detik waktu untuk beribadah kepada Allah SWT serta memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada umat manusia.

“Bulan suci Ramadan merupakan bulan penuh berkah berlimpah kemuliaan, olehnya itu marilah kita segenap warga Kolut untuk bersama-sama menjaga ukhuwah islamiyah di bulan penuh rahmat ini, semakin mempererat tali silaturrahim antar sesama muslim, dan senantiasa menjaga kerukunan antar umat beragama,” seru Nur Rahman. (Adv)

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib