iklan zonasultra

Gelar Workshop PTK, Antam Bantu Kuatkan Potensi Guru di Pomalaa

Gelar Workshop PTK, Antam Bantu Kuatkan Potensi Guru di Pomalaa
ANTAM - PT Antam membantu menguatkan potensi guru di kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka dalam menyusun PTK melalui workshop yang digelar di Pondok Kumoro, Kompleks PT Antam Pomalaa sejak tanggal 1 hingga 3 Mei lalu. (ISTIMEWA)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – PT Aneka Tambang (Antam) membantu menguatkan potensi guru di kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka dalam menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Workshop itu digelar di Pondok Kumoro, Kompleks PT Antam Pomalaa sejak tanggal 1 hingga 3 Mei lalu.

Kegiatan ini dilakukan bersama dengan Global Learning Centre (GLC) Indonesia melalui School Development Program (SDP) atau program peningkatan mutu sekolah yang menjadi program unggulan Community Social Responsibility (CSR) perusahaan tambang milik negara itu di Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra).

CSR Manajer Antam UBPN Sultra Muhammad Rusdan mengungkapkan, workshop itu pada dasarnya merupakan pelatihan dan pendampingan untuk menambah keterampilan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah.

“Kegiatan ini menghasilkan produk berupa proposal dari penelitian tindakan kelas. Kegiatannya dilakukan melalui ceramah, diskusi, dan pelatihan mandiri,” kata Rusdan di Kolaka, Jum’at (4/5/2018).

Rusdan menilai, Penelitian Tindakan Kelas menjadi kebutuhan guru untuk meningkatkan profesional mereka. Dengan melaksanakan tahapan-tahapan PTK, para guru diharapkan mampu memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu kajian mendalam terhadap apa yang terjadi di kelasnya.

Gelar Workshop PTK, Antam Bantu Kuatkan Potensi Guru di Pomalaa

Selain itu, workhsop ini juga membantu para guru dalam meningkatkan kemampuan mereka untuk melakukan penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah yang dapat dipublikasikan.

Rangkaian kegiatan ini terdiri dari pelatihan manajemen untuk pimpinan sekolah agar setiap guru mampu mengajar dengan maksimal dengan memberikannya wawasan terpadu mengenai strategi manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), meningkatkan pemahaman para Kepala Sekolah mengenai strategi manajemen SDM sampai dengan cara meningkatkan kompetensi dalam mengelola SDM.

Selain itu, dilakukan pula elatihan supervisi pendidikan. Ini merupakan program training bagi pimpinan sekolah yang memiliki tugas mensupervisi para guru.

“Kegagalan utama yang sering dialami supervisor adalah kekurang siapannya untuk mengemban tugas tersebut,” jelas Rusdan.

Dia mengatakan, pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan para guru atau Kepala Sekolah dalam suatu bidang supervisi serta mengetahui prinsip–prinsip supervisi, aturan – aturan dan fungsi dari supervisor.

Sementara itu, Eksternal Relation Manajer PT Antam UBPN Sultra Pamiluddin Abdullah menyatakan, School Develpment Program (SDP) telah dilakukan sejak tahun 2016. Program ini merupakan salah satu kontribusi CSR Antam di sektor pendidikan dengan menguatkan kualitas para guru dalam melakukan proses belajar mengajar. (*)

 


Penulis : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib