iklan zonasultra

iklan zonasultra

Gelombang Tinggi, Nelayan di Konut Dihimbau Waspada

Kepala Bidang (Kabid) Tangkap DKP Konut Asrianto
Asrianto (Kiri)

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) mengihmbau nelayan yang berada di wilayah itu untuk mewaspadai gelombang tinggi saat melaut.

Meurutnya, curah hujan dengan intensisatas yang tinggi saat ini, selain dapat menimbulkan banjir di beberapa kecamatan dan desa, juga membuat situasi laut pasang dengan ketinggian ombak mencapai 4 meter.

Kepala Bidang (Kabid) Tangkap DKP Konut Asrianto mengatakan, pihaknya berharap kepada para nelayan agar menyiapkan segala fasilitas pendukung untuk mengantisipasi hal-hal terburuk yang bisa terjadi kapan saja saat berlayar.

Selain itu, pria berkulit putih ini juga menyarankan agar selalu memeriksa kondisi aramada sebelum turun melaut.

“Jika keadaan tidak mendukung baiknya bisa di pertimbangkan dulu, melihat ombak yang tinggi, situasi ini boleh di kata sangat rawan,”ujarnya saat di komfirmasi, Senin (2/7/2018).

(Baca Juga : Kadis DKP Konut: Pegawai Malas Akan Disanksi Tegas)

Dia mengungkapkan, untuk daerah Konut sendiri yang didiami masyarakat nelayan dengan jumlah sekitar 7.600 kepala keluarga, tersebar di 13 kecamatan. Mereka kerap berlayar di kawasan laut Banda, perbatasan Sulawesi Tengah (Sulteng), para pelaut itu sangat di anjurkan bisa melihat situasi di lapangan.

“Apalagi cuaca saat ini biasa di sertai guntur, ini juga yang menjadi kekhawatiran kita. Tentunya kami senantiasa berharap agar para nelayan kita ini selalu dalam perlindungan sang pencipta,”tukasnya

Sebelumnya, Stasiun Meteorologi Maritim Kendari telah mengeluarkan peringatan dini untuk cuaca Sultra tanggal 2 Juli 2018 dengan situasi berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat, kadang disertai guntur dan angin kencang untuk wilayah bagian utara seperti ,Konawe utara, Kolaka Utara, Buton Utara juga daerah Buton, dan Konawe Selatan. (B)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib