iklan zonasultra

Gempa 4,1 SR Guncang Ibukota Konut, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa 4,1 SR Guncang Ibukota Konut, Tidak Berpotensi Tsunami
GEMPABUMI - Gempa Tektonik dengan kekuatan magnitudo 4.1 Skala Richter mengguncang wilayah barat laut Wanggudu, ibukota Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (19/6/2019) pukul 11.12 WITA. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gempa Tektonik dengan kekuatan magnitudo 4.1 Skala Richter mengguncang wilayah barat laut Wanggudu, ibukota Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (19/6/2019) pukul 11.12 WITA. Gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Kepala Stasium Geofisikan Kota Kendari, Rosa Amelia mengungkapkan, Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.21 LS dan 121.82 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 50.5 km Barat Laut Wanggudu, Wanggudu, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal. Ini diakibatkan oleh aktivitas Sesar Matarombeo di Barat Laut Wanggudu,” kata Rosa, melalui pesan WhatsApp, Rabu (19/6/2019).

iklan zonasultra

(Baca Juga : Tiga Bulan, Aktivitas Sesar Lawanopo Sebabkan Empat Kali Gempa)

Hingga saat ini, lanjut dia, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Hingga pukul 11.40 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa susulan. Namun demikian, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (a)

 


Kontributor : Sri Rahayu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib