iklan zonasultra

Gempa Magnitudo 3,6 Terjadi di Konkep, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Magnitudo 3,6 Terjadi di Konkep, Tidak Berpotensi Tsunami
GEMPA - Gempabumi tektonik dengan magnitudo 3,6 skala riter (SR) terjadi di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Selasa (23/6/2020) pukul 09.01 WITA. (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gempabumi tektonik dengan magnitudo 3,6 skala riter (SR) terjadi di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Selasa (23/6/2020) pukul 09.01 WITA.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari Rosa Amelia mengatakan, hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan episenter gempabumi tersebut terletak pada koordinat 3.73 lintang selatan (LS) dan 123.03 bujur timur (BT) atau berlokasi di laut pada jarak 52.2 km arah Timur Laut Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) kedalaman 10 kilo meter (km).

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar Naik Tolo,” ungkap Rosa melalui keterangan persnya, Selasa (23/6/2020).

Guncangan gempabumi itu dirasakan di daerah Konkep berupa getaran nyata di dalam rumah seperti truk akan berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi itu tidak berpotensi tusnami.

Hingga berita ini diterbitkan, BMKG belum melaporkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat pun diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke rumah,” ujarnya. (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib