Gempita Bombana Dapat Bansos Rp 1,6 Miliar dari Menteri Pertanian

Gempita Bombana Dapat Bansos Rp 1,6 Miliar dari Menteri Pertanian
GEMPITA - Pengurus GEMPITA Kabupaten Bombana Senin (1/1/2028) mendapat Kado spesial Menteri Pertanin RI, Amran Sulaiman, berupa dana Bansos senilai Rp. 1, 6 miliar yang ditujukan ke 42 Kelompok tani di enam kecamatan di daerah itu. (MUHAMMAD JAMIL/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,RUMBIA – Gerakan Pemuda Tani (GEMPITA) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat kado spesial awal tahun 2018 dari Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman. Kado tersebut berupa bantuan sosial (Bansos) senilai Rp 1, 6 miliar yang ditargetkan kepada 42 kelompok tani (Poktan) di enam kecamatan, di daerah itu.

Ketua GEMPITA Kabupaten Bombana Jumrad Raunde mengatakan, kucuran dana Bansos itu merupakan efek dari upaya kerja keras dan kegigihannya bekerjasama dengan Pemda setempat dalam memperjuangkan kesejahteraan masyarakat petani di daerah itu.

Sehingga Mentan RI memberikan dana tersebut dalam bentuk sistem dana transfer untuk lahan seluas 2.088 hektar di enam kecamatan yang meliputi, meliputi: Kabaena Barat, Poleang Barat, Lantari Jaya, Poleang Utara, Rarowstu dan Kecamatan Rarowatu Utara.

iklan zonasultra

“Kenapa hanya enam Kecamatan? Karena masing-masing wilayah itu sangat potensial dalam proses pengembangan komodity jagung, ” kata Jumrad di Rumbia, Senin (1/1/2018).

Kata dia, dana tersebut akan digunakan oleh Poktan untuk pembelian benih jagung hibrida dan pupuk urea bersubsidi sesuai dengan luas lahan milik masing-masing kelompok.

“Masing-masing anggota Poktan mendapatkan subsidi sebanyak 15 Kg benih Jagung Hibrida per hektarnya dan 100 Kg Pupuk Urea bersubsidi,” rincinya.

Menurutnya, bantuan itu merupakan kado terindah diawal tahun 2018. Sebab, hanya daerah tersebut yang dinyatakan lolos verifikasi untuk mendapat Bansos dari Kementan Ri diantara beberapa Kabupaten/Kota lainnya di Sultra.

“Kami berterima kasih atas kooperatifnya kelompok tani dan pihak Dinas Pertanian Kabupaten Bombana, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara serta Gempita Sultra sehinggausaha maksimal yang kami lakukan menuai hasil memuaskan,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, Bansos tersebut akan segera dicairkan dan mengawal kelompok tani mulai dari pengadaan kebutuhannya hingga pasca panen.

“Ini merupakan komitmen Gempita untuk melakukan pembinaan kepada kelompok tani sehingga kelak dapat dinyatakan mandiri,” pungkasnya. (B)

 

Reporter: Muhammad Jamil
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here