Tampilan Desktop



Gempita Gandeng Bank Sultra Modali Petani Jagung
181 Dibaca

Gempita Gandeng Bank Sultra Modali Petani Jagung

GEMPITA-BANK SULTRA : Direktur Pemasaran Bank Sultra Depid saat menerima pengurus Gempita Sultra dan Konawe Selatan di ruang kerjanya, Senin sore (9/3/2017). Bank Sultra siap mensuport petani untuk menyukseskan swasembada pangan khususnya jagung hibrida. (FOTO ISTIMEWA FOR ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gerakan Pemuda Tani (Gempita) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggandeng Bank Sultra sebagai bapak angkat untuk membantu petani jagung hibrida. Bank lokal tersebut akan mensuport petani mulai dari proses pembukaan lahan (land clearing) hingga pasca panen.

Direktur Pemasaran Bank Sultra Depid mengatakan, pihaknya siap memfasilitasi dan membantu kelompok tani dalam rangka swasembada pangan khususnya jagung yang merupakan program nasional.

Menurut Depid, saat ini Bank Sultra sedang giat melirik potensi pertanian. Salah satunya adalah program jagung hibrida. Bahkan, Bank Sultra sendiri sebelumnya sudah memberikan dukungannya terhadap petani singkong gajah.

“Kami sudah MoU dengan Pemda Konawe Utara dalam hal bantuan permodalan kepada kelompok tani di daerah itu,” kata Depid saat menerima pengurus Gempita Sultra di ruang kerjanya, Senin sore (9/3/2017).

Terkait bantuan tersebut, Depid memeinta kepada pengurus Gempita agar segera menyiapkan dokumen yang dibutuhkan termasuk jenis dan estimasi bantuan. Bank Sultra akan menayalurkan bantuan dalam bentuk barang sesuai kebutuhan petani.

Sementara itu, Ketua Gempita Sultra, Rustam, menyambut baik keinginan Bank Sultra yang siap membantu petani. Ia pun berharap, bank daerah tersebut segera merealisasikan bantuannya karena petani saat ini sudah siap untuk menanam.

“Saat ini daerah Konawe Selatan paling siap menyambut masa tanam pertama. Bahkan beberapa luasan lahan sudah lereng clearing dan siap ditanami,” ujarnya.

Untuk program swasembada jagung ini, Rustam menjelaskan, seluruh kelompok tani akan menerima bantuan dari Kementerian Pertanian RI melalui dinas pertanian kabupaten masing-masing. Bantuan tersebut meliputi, bibit, hand traktor roda dua dan roda empat, pestisida, alat pengering, alat pengupil, pupuk urea dan pompa air.

Sedangkan untuk pemasaran, Bulog telah melakukan MoU untuk membeli hasil penen petani. Saat ini Bulog telah menetapkan harga pembelian sebesar Rp.3.150. Tak hanya itu, sejumlah perusahaan seperti Japfa, juga telah siap menampung hasil panen jagung.

Baca Juga : Dukung Pertanian, Bank Sultra Cabang Butur Siap Modali Petani Jagung

Dilain pihak, sekretaris Gempita Konsel Asiz mengungkapkan, saat ini pihaknya telah menyiapkan Calon Petani Calon Lahan (CPCL) sekitar 4.000 hektar yang tersebar disejumlah kecamatan di daerah itu. Bahkan beberapa lahan telah siap tanam.

Gempita Konsel saat ini telah menyiapkan sekitar 1.000 hektar yang akan dijadikan pilot project oleh Bank Sultra. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Rustam

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com