iklan zonasultra

Genbi Sultra Bagikan 86 Tong Sampah Untuk Masyarakat Desa Sama Jaya

GENBI SULTRA - Generasi Baru Indonesia (Genbi) Provnsi Sulawesi Tenggara (Sultra) membagikan 86 unit tong sampah kecil kepada warga di Desa Sama Jaya, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe pada Minggu (24/12/2017). Tong sampah itu sesuai dengan Kepala Keluarga (KK) yakni 86. (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

GENBI SULTRA – Generasi Baru Indonesia (Genbi) Provnsi Sulawesi Tenggara (Sultra) membagikan 86 unit tong sampah kecil kepada warga di Desa Sama Jaya, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe pada Minggu (24/12/2017). Tong sampah itu sesuai dengan Kepala Keluarga (KK) yakni 86. (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)[/caption]

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Generasi Baru Indonesia (Genbi) Provnsi Sulawesi Tenggara (Sultra) membagikan 86 unit tong sampah kecil kepada warga di Desa Sama Jaya, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe pada Minggu (24/12/2017). Tong sampah itu sesuai dengan Kepala Keluarga (KK) yakni 86.

iklan zonasultra

Ketua Panitia Program bersih Indonesia, Susilo Rahardjo mengungkapkan, kegiatan bertemakan “Dari Pesisir Kita Aplikasikan Lingkungan Bersih Indonesia Sehat” tersebut dilakukan serentak secara nasional oleh Bank Indonesia (BI) dengan tema yang berbeda dari tiap-tiap daerahnya, sesuai kesepakatan di suatu daerah tersebut.

Untuk item kegiatannya sendiri, kata Susilo ada tujuh item, yaitu Sosialisasi tentang pengelompokan dan pemanfaatan sampah, pengadaan tempat sampah, penanaman pohon, bersih-bersih pesisir, renovasi dermaga penyebrangan, filterisasi air, serta training of trainer sampah menjadi kerajinan tangan.

“Untuk dusun kita juga siapkan 2 tong sampah untuk 3 dusun yang ada di sini, di mana masing-masing dusun kita siapkan tempat sampah organik dan non organik,” kata Susilo saat ditemui usai kegiatan, Minggu (24/12/2017) malam.

Selain itu, untuk item kegiatan training of trainer sendiri, masyarakat sekitar diajarkan untuk bisa mengelola sampah yang ada di sekitar mereka, termasuk sampah yang ada di Pulau Bokori guna menjadi sesuatu yang nantinya bisa dipasarkan, dan nantinya bisa menjadi oleh-oleh wisata pulau Bokori.

Kepala Desa Sama Jaya, Risal menyambut baik kegiatanyang dicanangkan oleh Genbi tersebut, mengingat secara pengetahuan masyarakat Desa Sama Jaya sangat minim tentang pemanfaata sammpah.

“Karena biasa ada kebiasaan masyarakat sini habis makan atau apa, buang sampahnya itu di laut. Untuk itu kami sangat berterimakasih kedatangan Genbi ini untuk menyadarkan kembali masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan, serta bisa memanaatkan sampah-sampah tersbeut,” kata Risal.

Selain itu, Kepala Seksi Pengembangan Destinasi Wisata Alam Budaya dan Buatan Dinas Pariwisata Sultra, fery yang juga hadir mengungkapkan kegiatan Genbi ini juga membantu program dari Dinas Pariwisata, untuk menyadarkan masyarakat agar bisa lebih menjaga kebersihan sekitar, terlebih lagi di Pantai Bokori yang saat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang digemari masyarakat.

“Kami sangat bersyukur ada adik-adik ddari Genbi ini yang mau mengajarkan masyarakat untuk mengelola sampah. Kami juga berterimakasih karena dengan ini mereka telah mensupport agar sampah di Bokori itu bisa tertangani. harapan kita kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan” kata Feri di lokasi yang sama.

Untuk diketahui, Genbi adalah sebuah komunitas yang diisi oleh pemuda-pemudi peraih beasiswa dari Bank Indonesia. (B)

Reporter : Sri Rahayu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib