Gmail Bakal Dilengkapi AMP, Bisa Browsing Langsung dari Inbox

Gmail Bakal Dilengkapi AMP, Bisa Browsing Langsung dari Inbox

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kabar gembira bagi para pengguna aplikasi Gmail karena aplikasi besutan Google ini akan diperbaharui dengan teknologi Accelerated Mobile Pages (AMP).

AMP Project adalah inisiatif sumber terbuka yang bertujuan untuk membuat web lebih baik bagi semua kalangan. Proyek ini memungkinkan pembuatan situs dan iklan dengan performa tinggi, cepat, dan konsisten di berbagai perangkat dan platform distribusi.

iklan zonasultra

Dikutip dari kompas.com, Sabtu (17/12/2018), teknologi dari Google tersebut digunakan untuk meringankan situs web. Dengan begitu pengguna Gmail bakal bisa melakukan browsing langsung dari inbox e-mail tersebut.

Kemudian karena framework AMP bersifat terbuka (open source) membuat para developer pihak ketiga bisa leluasa mengembangkan aneka macam fungsi baru terkait kemampuan browsing.

Misalnya dengan membuka e-mail dari Pinterest, pengguna Gmail bisa melihat aneka posting lalu meng-klik untuk melihat detil lebih jauh. Persis dengan yang bisa dilakukan di website resmi pinterest, tapi bedanya ini dilakukan langsung dari inbox Gmail.

“Bayangkan jika Anda dapat menyelesaikan tugas secara langsung di e-mail. Dengan AMP untuk e-mail (Gmail), Anda bisa melakukan reservasi di sebuah event, atau mengisi kuisioner langsung dari e-mail,” tulis Aakash Sahney, Product Manager Gmail, di sebuah posting blog.

Sahney memberikan ilustrasi mengenai kemampuan apa saja yang nanti bisa dilakukan di Gmail berkat kehadiran AMP. Dia mengatakan pihaknya sudah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan seperti Booking.com, Doodle, dan Pinterest tadi, dengan tujuan untuk mengembangkan fitur-fitur baru Gmail yang dilandasi oleh AMP.

Developer aplikasi saat ini sudah bisa memperoleh preview AMP untuk Gmail dengan terlebih dulu mendaftar lewat Google. Dukungan AMP sendiri rencananya baru akan menyusul diterapkan di Gmail belakangan tahun ini. (B)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib