iklan zonasultra

Golkar Kendari Buka Pendaftaran Calon Ketua Baru, Ini Syaratnya

Ketua steering committee (SC) Musyawarah Daerah (Musda) X Golkar Kendari, Maoliddin
Maoliddin

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kota Kendari resmi membuka pendaftaran bakal calon ketua, Kamis (13/8/2020). Pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran dibuka mulai 13 – 20 Agustus 2020.

Ketua steering committee (SC) Musyawarah Daerah (Musda) X Golkar Kendari, Maoliddin mengatakan, pendaftaran calon Ketua Golkar Kendari ini terbuka bagi semua kader dan anggota partai yang mau mendaftar dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Bagi kader atau anggota yang ingin mendaftar dipersilahkan mengambil formulir di Kantor DPD II Golkar Kendari.

“Hari ini kita buka pendaftran bagi anggota maupun kader Partai Golkar yang ingin maju sebagai calon ketua, tapi dengan syarat. Pertama pernah menjadi pengurus partai Golkar tingkat provinsi, pengurus DPD II Kota Kendari, atau minimal pengurus di pimpinan kecamatan selama satu periode penuh,” kata Maoliddin saat ditemui di Kantor DPD II Golkar Kota Kendari, Kamis (13/8/2020).

Maoliddin menjelaskan, kader yang ingin mencalonkan Ketua Golkar Kendari harus mengantongi dukungan minimal 30 persen pemegang hak suara. Di Musda X Golkar Kendari, ada 13 pemegang hak suara, yakni satu suara dari DPD I Golkar Sulawesi Tenggara (Sultra), satu suara dari DPD II Golkar Kota Kendari, satu suara dari organisasi sayap partai, dan 10 suara dari pimpinan kecamatan.

Kemudian, dukungan bakal calon harus dibuktikan dengan surat dukungan yang ditandatangani oleh ketua dan sekretaris. Musda X Golkar Kendari bakal digelar tanggal 23 Agustus, sehingga steering committee punya waktu dua hari untuk memverifikasi berkas yang masuk hingga batas pendaftaran.

Kata dia, jika nantinya hanya ada dua bakal calon, maka pemenangnya adalah yang mengantongi surat dukungan di atas 50 persen dari pemilik suara. Tapi kalau satu calon saja yang mendaftar, maka berdasarkan petunjuk pelaksana (juklak) dipastikan tidak ada pemilihan.

“Kita menyatakan dia terpilih jika memenuhi syarat. Tapi ini tetap dikonsultasikan ke DPD I Golkar Sultra,” katanya.

Namun, jika nantinya ada tiga bakal calon, kata Maoliddin, maka dilakukan pemilihan ketua untuk mencari siapa pemilik suara terbanyak. (b)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib