iklan zonasultra

GTT di Buton Dapat Bonus Honor Rp100 Ribu Sebulan

GTT di Buton Dapat Bonus Honor Rp100 Ribu Sebulan
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Entah ini bisa disebut kabar bahagia atau malah sebaliknya. Yang jelas, Guru Tidak Tetap (GTT) di Kabupaten Buton mulai akhir tahun 2018 ini, bakal mendapat bonus honor dari pemerintah. Nilainya relatif kecil, atau seharga paket data internet dua pekan, yakni Rp100 ribu sebulan.

Anggaran itu sudah diusul masuk di APBD 2018 Perubahan, dan akan dibayarkan secara kumulatif setiap tiga bulan. “Ini untuk menambah honor GTT yang sudah dialokasikan dari dana Bantuan Operasional Sekolah,” kata Harmin, Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Buton, Rabu (12/9/2018).

Menurut Harmin, selama ini penghasilan GTT yang bersumber dari BOS itu bervariasi, tergantung besaran dana BOS tiap sekolah. Makanya, Pemda Buton menginisiasi memberikan insentif tambahan sebesar Rp100 ribu tersebut.

iklan zonasultra

Pejabat eselon II ini menambahkan, keseluruhan GTT yang ada di Buton sekitar 800 orang lebih, yang tersebar mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), termasuk Madratsah Aliyah di tujuh Kecamatan di Buton.

“Jadi total semua anggaran yang disiapkan setiap bulannya sekitar Rp 80 juta lebih,” tukasnya. Nantinya honor GTT itu dibayarkan setiap tiga bulan sekali. Namun untuk perubahan ini honor GTT itu bakal dibayarkan selama empat bulan.

Tidak hanya itu, Harmin menjelaskan para honorer yang mendapatkan honor Pemda ini, hanya GTT yang SKnya tidak memiliki nilai nominal. Sehingga melalui honor ini, pihaknya bakal merubah SK para honorer yang semula tidak memiliki nominal menjadi SK yang memiliki nominal.

Tujuan perubahan SK ini, agar GTT bisa mendapatkan bantuan pemerintah pusat melalui Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Namun untuk mendapatkan NUPTK itu terlebih dahulu honorer harus mempunyai SK Bupati yang memiliki nilai nominal.(B)

 


Reporter : Nanang
Editor : Abdi MR

 

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib