iklan zonasultra

Gubernur Ceritakan Awal Pemekaran Kolaka Utara

Gubernur Ceritakan Awal Pemekaran Kolaka Utara
HUT KOLUT - Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Upacara peringatan digelar di Lapangan Aspirasi Pemerintah Daerah (Pemda) Kolut, Selasa (7/1/2020). (Rusman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,LASUSUA– Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Upacara peringatan HUT itu digelar di Lapangan Aspirasi Pemerintah Daerah (pemda) Kolut Selasa (7/1/2020)

Pada kesempatan itu Gubernur Sultra jadi Inspektur Upacara (Irup). Turut hadir Bupati Kolut Nur Rahman Umar dan Wakil Bupati (Wabub) Abbas, Katua DPRD Kolut Buhari dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur Forkompimda, serta para tamu undangan lainnya.

Upacara Peringatan HUT ke-16 tersebut diawali dengan pembacaan singkat sejarah Kabupaten Kolut. Kemudian Ali Mazi menceritakan singkat awal mekarnya Kolut di tahun 2004 silam, yakni dari kecamatan menuju Daerah Otonomi Baru (DOB), bukan perjalanan singkat. Terdapat sejumlah tokoh berjuang yang begitu semangat dengan tujuan pendekatan pelayanan masyarakat pada saat itu.

“Tentu mekarnya Kolut ini ada yang berjuang yakni mantan TNI Djafar Harun dan dibantu Anggota DPRD Kolaka. Merekalah yang berjuang bersama saya waktu itu, sehingga Kolaka Utara ini dapat mekar,” kata Ali Mazi.

(Baca Juga : Sejarah Mekarnya Kabupaten Konawe Utara)

Kata dia, Kolaka Utara begitu jauh dari pusat ibu kota Sultra yang membutuhkan kurang lebih delapan jam perjalanan darat sehingga dianggap penting untuk dijadikan DOB.

Gubernur Ceritakan Awal Pemekaran Kolaka Utara

“Saya beberapa kali meninjau sarana dan prasarana dan benar-benar siap untuk dimekarkan dan alhamdulillah hari ini usia sudah 16 tahun di mana usia sudah dewasa dan mudah-mudahan pembangunan segala bidang bisa membawa kesejahteraan untuk masyarakatnya,” terangnya.

Pada kesempatan itu, ia mengajak seluruh masyarakat dan jajaran Pemkab Kolut bersama-sama untuk mewujudkan percepatan pembangunan di Kabupaten Kolut. (B)

 


Kontributor: Rusman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib