iklan zonasultra

Gunung Popalia di Konsel Terbakar

Gunung Popalia di Konsel Terbakar
GUNUNG TERBAKAR - Kondisi Gunung Popalia yang berada di Desa Wolasi Kecamatan Wolasi Kabupaten Konsel Usai mengalami kebakaran sejak malam tadi. Rabu (18/9/2019).(Foto : Facebok Ayahnya Nahda).

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Warga di Kecamatan Wolasi Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) dikagetkan dengan terbakarnya gunung Popalia yang berada di sekitar wilayah itu.

Seorang saksi mata, Wawan mengatakan, kepulan asap mulai tampak sekitar pukul 19:00 Wita kemarin malam.

“Kita tidak tau apakah ini sengaja dibakar atau bagaimana saya tidak bisa pastikan, hanya memang di gunung ini sering ada aktivitas manusia di atas. Biasanya mereka naik ingin lihat matahari terbit. Kita juga kaget tiba-tiba ada api menyala di atas gunung tadi malam” kata Wawan kepada Zonasultra.Com di Wolasi, Rabu (18/9/2019).

iklan zonasultra

Baca Juga : 230 Hektar Lahan Gambut di Koltim Terbakar, Asap Tebal Mengancam Warga

Pria yang tinggal di Wolasi sejak tahun 1980 an itu mengaku baru kali ini melihat gunung yang letaknya tak jauh dari rumahnya itu terbakar.

Dihubungi terpisah, Camat Wolasi, Alimun Saar mengatakan, pihaknya bersama, TNI, Polri Satuan Polisi Pamong Praja serta masyarakat setempat saat ini tengah berupaya memadamkan api yang terus meluas dan menjalar mengikuti arah angin. Dia menyebutkan, api terus bergerak ke arah wilayah kecamatan Moramo dan Konda.

Gunung Popalia di Konsel Terbakar
GUNUNG TERBAKAR – Kondisi Gunung Popalia yang berada di Desa Wolasi Kecamatan Wolasi Kabupaten Konsel Usai mengalami kebakaran sejak malam tadi. Rabu (18/9/2019).(Foto : Facebok Ayahnya Nahda)

“Kita masih di lokasi ini berupaya seadanya, sementara api meluas terus, sekarang sudah sekitar tiga hektar, harus pakai bantuan alat ini, “ungkap Alimun via telepon selulernya, Rabu (18/9/2019).

Lanjutnya, kondisi gunung yang curam berbatu semakin menyulitkan petugas dan warga yang datang ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

Baca Juga : Gudang Variasi Mobil di Kendari Terbakar

“Tadi sempat ada tabung pemadam dari Pol PP dibawa, tapi tidak cukup karena api sudah meluas. Mana tempat ambil air harus turun jauh ke bawah, kondisi gunung juga curam jadi sulit skali,” ujarnya.

Alimun khawatir api bisa merembet ke lahan tanaman dan pemukiman warga, mengingat posisi pemukiman berada di kaki gunung Popalia. (a)

 


Kontributor : Erik Ari Prabowo
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib